Prodi Bisnis dan Informatika Paling Laris di SBMPN 2020

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Penerimaan mahasiswa baru politeknik negeri melalui Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 diumumkan pada 4 Juli 2020. Dari proses ini ada empat program studi (prodi) paling diincar.

Keempat prodi tersebut ialah Program Studi Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis dan Teknik Informatika.

“Masyarakat menganggap kebutuhan akan alumni prodi ini banyak dibutuhkan, terutama dalam membangun perekonomian di Indonesia,” ujar Wikan Sakarinto, Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Prodi lain yang juga laris ialah Teknik Informatika. Hal ini lantaran teknologi yang kian pesat, terutama yang berhubungan dengan informasi dan komputer.

Wikan berharap ke depan pemerintah dapat mengakomodir peminatan ini melalui kebijakan-kebijakan strategis dalam rangka pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Selain itu, perguruan tinggi akan mendukungnya melalui kerja sama dan kolaborasi serta pengembangan inovasi seiring dengan kemajuan sektor industri.

Terkait hal tersebut, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi, Benny Bandanadjaya, antusias dengan kenaikan jumlah pendaftar SBMPN 2020 ini. Ia berharap akan banyak lulusan politeknik dengan kompetensi dan keahlian di bidang ekomomi dan IT.

“Maka lulusan politeknik akan dapat ikut mendorong meningkatnya perekonomian Indonesia dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum,” ujar Benny, dikutip suarasiber dari kemdikbud.go.id.

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) sekaligus Ketua SBMPN tahun ini, Zainal Arief, ada 114,532 pelamar. Jumlah ini meningkat, bahkan di beberapa politeknik peningkatannya hampir 100 persen. (man)

Loading...