Lihat Keseriusan Garap Pertanian, Kementan Pasok 2 Alat Panen ke Lingga

Loading...

Mesin yang baru datang berupa dua unit mesin combine harvester merek Lovol Gatra GCH-858 ini dikirimkan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.

Selain nyaman dan mudah dioperasikan, mesin panen multifungsi ini juga memiliki keunggulan lain diantaranya suara mesin tidak bising dan minim getaran, gabah hasil panen bersih dan utuh, tingkat kehilangan hasil rendah, cocok digunakan pada lahan yang tidak terlalu luas, serta bisa digunakan untuk panen padi dan jagung.

alsintan lingga 2

“Nantinya selama proses panen menggunakan mesin ini, padi yang telah dirontokkan bisa langsung dimasukkan ke dalam karung. Sehingga dalam karung ini nanti isinya gabah utuh. Jadi para petani bisa lebih efektif dan efisien dalam pekerjaannya,” ujar Nana salah satu penyuluh pertanian Lingga, belum lana ini.

Ia juga menjelaskan bahwa saat panen nanti, harus dipastikan bahwa kondisi lahan harus dalam keadaan kering atau keras agar kinerja mesin bisa lebih efektif.

Senada dengan penjelasan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga Siswadi, juga tampak sangat antusias menerima bantuan dari pemerintah pusat tersebut.

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini bisa menjadikan stimulus bagi petani untuk lebih semangat untk menjadikan Lingga sebagai salah satu daerah penghasil beras di Indonesia.

Loading...