free page hit counter

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono Jadi Warga Kehormatan Marinir

Loading...

DABO SINGKEP (suarasiber) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. diangkat sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut di Pantai Todak, Dabo Singkep, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat, (24/7/2020).

Pengangkatan dilakukan melalui prosesi pembaretan oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono.

Pengangkatan warga kehormatan Korps Marinir adalah sebagai wujud penghargaan Korps Marinir kepada tokoh yang dianggap memberikan kontribusi dan perhatiannya yang tulus kepada kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Proses pengukuhan sebagai warga kehormatan diawali dengan pelaksanaan latihan, di mana Kasal ikut melaksanakan pendaratan dengan kendaraan tempur Amfibi Marinir LVT-7 yang keluar dari rampa KRI Semarang-594, dilanjutkan melaksanakan Pertempuran Jarak Dekat (PJD) serta melaksanakan penembakan senjata bantuan Howitzer-105.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) TK-3 (L-3) yang mulai digelar sejak tanggal 21 Juli 2020 dengan tahap Lintas Laut dan Perang Laut oleh Koarmada I, Kolinlamil, dan Puspenerbal. Sedangkan Latihan Pasukan Pendarat Korps Marinir kali ini dilakukan oleh Korps Marinir dari Pasmar 1.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa, Baret Ungu kebanggaan Marinir bukan semata-mata sebagai simbol namun merupakan lambang perwujudan kehormatan dan kebanggaan Korps yang memberi makna penting sebagai hasil perjuangan dan pengabdian.

“Kehormatan dan kebanggaan ini sekaligus memberikan implikasi pada Saya tentang rasa tanggung jawab yang sangat besar untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan tempur Korps Marinir TNI AL  sebagai pasukan pendarat di mana merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL”, ungkap Kasal.

Sejumlah pejabat yang diangkat menjadi warga kehormatan marinir sebelum Matgono diantaranya mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008, Presiden RI Joko Widodo dan mantan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi pada tahun 2015, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada 22 Februari 2018 dan mantan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji pada tanggal 15 November tahun 2018 lalu.

Hadir pada prosesi tersebut Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, Aspam Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua, Aspers Kasal Laksda TNI Nyoman Mandra, Pangkoarmada I Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, Pangkolinlamil Laksda TNI Abdul Rasyid, Kadispenal Laksma TNI Mohamad Zaenal, Kadisopslatal Laksma TNI Ali Triswanto, Kas Kormar Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah serta Danpasamar-1 Brigjen TNI (Mar) Wurjanto. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...