Jangan Lagi Gunakan Istilah PDP, ODP dan OTG

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Pemerintah telah mengubah istilah new normal menjadi adaptasi kebiasaan baru. Perubahan ini juga diikuti dengan perubahan sejumlah istilah.

Beberapa istilah dalam penanganan Kasus Covid-19 juga berubah.

OTG kini diganti kontak erat, PDP & ODP yang kontak erat diganti Suspek. Lalu ada Terkonfirmasi yang dibagi menjadi Simptomatika & Asimptomatik.

Dikutip dari Twitter Kemenko PKM, Rabu (22/7/2020) pemerintah juga mengeluarkan istilah baru yakni Probable.

Penjelasannya, Kontak Erat ialah riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi Covid-19 atau memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable.

Suspek ialah memiliki gejala atau tanda ISPA dan pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di RS, riwayat perjalanan atau tinggal di wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal dan kontak dengan kasus konfirmasi/probable Covid-19.

Terkonfirmasi ialah orang yang dinyatakan positif Covid-19 yang dibuktikan dengan pemeriksaan RT-PCR: dengan gejala (simptomatik) atau konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik).

Sedangkan Probable ialah kasus suspek dengan ISPA berat/ARDS/ meninggal dengan gejala Covid-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium Pt-PCR. (mat)

Loading...