Bos Samsung Orang Terkaya Korsel, Kalahkan Bos Hyundai Motor

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Forbas mengumumkan orang-orang terkaya di Korea Selatan (Korsel) pada Rabu (29/7/2020).

Dari 10 urutan terkaya, bos elektronik, mobil dan game online termasuk di dalamnya. Patut dicatat, meski artis K-Pop dan drama selama ini diberitakan memiliki kekayaan yang menggiurkan, tak ada satu pun yang masuk daftar.

Berikut mereka, serta perusahaan yang telah menyumbangkan penghasilan baginya:

  1. Lee Kun-hee
    Ia adalah chairman Samsung yang memiliki kekayaan bersih US$ 17,3 miliar atau setara Rp 242,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.000).
  2. Seo Jung jin
    Salah satu pendiri Celltrion perusahaan biofarmasi yang membuat obat-obatan untuk kanker, influenza dan lain-lain. Total kekayaannya mencapai US$ 11,4 miliar atau sekitar Rp 159,6 triliun. Kabarnya ia akan pensiun di akhir tahun ini.
  3. Nexon Kim Jung ju
    Yang satu ini adalah pendiri perusahaan game online. Kim memiliki kekayaan sebesar US$ 9,6 miliar atau Rp 134,4 triliun.
  4. Jay Y Lee
    Sepabrik dengan Lee Kun-hee, Jay adalah vice chairman Samsung dengan kekayaan US$ 6,7 miliar atau Rp 93,8 triliun.
  5. Kim Beom su
    Kim merupakan pendiri dan pemilik aplikasi chatting Kakao. Aplikasi itu terpasang di 90% smartphone di Korsel. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 5,2 miliar atau Rp 72,8 triliun..
  6. Kwon Hyuk bin
    Kwon mendapatkan kekayaannya dari Smilegate, perusahaan paling sukses di Korsel. Dia mendirikan perusahaan itu pada tahun 2002. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 4 miliar.
  7. Chey Tae won
    Chey mengepalai Grup SK, sebuah konglomerat terbesar ketiga Korsel di bidang telekomunikasi, semikonduktor, bahan kimia dan energi. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 3,3 miliar.
  8. Mong Koo chung
    Ia sudah memimpin Hyundai Motor 20 tahun lebih yang mundur pada Maret 2020. Dia digantikan oleh putra tunggalnya Euisun, yang juga seorang miliarder. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 3,2 miliar.
  9. Suh Kyung bae
    Chairman AmorePacific, sebuah pembuat kosmetik dan perawatan kulit terbesar di Korea Selatan. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 3 miliar.
  10. Kim Taek jin
    Kim Taek-jin adalah pendiri NCSoft, perusahaan game online nomor 2 Korea Selatan yang ia dirikan pada tahun 1997. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 2,5 miliar. (mat)
Loading...