Waka DPRD Bintan Agus Hartanto Minta ASDP Tinjau Tarif Kapal Roro ke Tambelan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Agus Hartanto Wakil Ketua DPRD Bintan dari Partai Nasdem, meminta manajemen PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) meninjau kembali rencana tarif kapal roll on roll off (roro) dari Tanjunguban – Tambelan.

Tarif untuk membawa barang di kapal roro dinilai Agus, mahal. Dan, memberatkan warga yang akan membawa barang dengan kapal roro itu.

Agus menyampaikan permintaan ini, setelah mendapatkan aspirasi dan masukan dari warga di Kecamatan Tambelan.

Sebagai pembanding kemahalan, Agus menyontohkan biaya membawa kotak fiber untuk membawa ikan dengan kapal kayu, yakni Rp200 ribu per kotak.

Sementara, jika dengan mobil pikap yang menggunakan kapal roro biayanya bisa Rp1 juta per kotak. Karena, nobil pikap maksimal hanya bisa membawa 10 kotak.

“Banyak komoditi Tambelan yang bisa dibawa ke daerah pemasaran. Tapi karena tarif yang sangat mahal itu, warga dan pengusaha Tambelan pesimis. Untuk memanfaatkan kapal roro.

Ini aspirasi warga yang disampaikan ke kita. Dan, kita minta manajemen ASDP mengkaji ulang tarif tersebut,” kata Agus Hartanto kepada suarasiber.com, kemarin.

Meski begitu, Agus tetap mengapresiasi bupati dan Pemkab Bintan, terkait rencana pelayaran kapal roro dari Tanjunguban, Bintan – Tambelan itu.

“Awalnya kita optimis dengan adanya kapal roro ini roda ekonomi di Tambelan akan lebih hidup. Tapi tarifnya bikin kaget karena mahal.

Karenanya, kita mohon kepada manajemen ASPD di Tanjunguban, agar meninjau kembali tarif yang sudah ditetapkan itu,” ujar Agus. (mat)

Loading...