free page hit counter

Sejarah Hari Ini, Elizabeth II Dinobatkan sebagai Ratu Inggris

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Hari ini 67 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 2 Juni 1953, Elizabeth II dinobatkan sebagai Ratu Inggris dan negara-negara persemakmuran.

Dilahirkan tanggal 21 April 1926 dengan nama Elizabeth Alexandra Mary, Elizabeth II naik tahta di usia 25 tahun.

Dan masih berkuasa sampai saat ini di usia 94 tahun. Sekaligus menjadi penguasa terlama di dunia.

Elizabeth II adalah anak sulung dari Raja George VI yang bernama lengkap Albert Frederick Arthur George. Ibunya bernama Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon.

Penobatan Ratu Elizabeth II saat itu, disaksikan jutaan orang di dunia. Sejak itu istri dari Pangeran Philip (98) ini, menjadi penguasa wanita yang kokoh.

Ibu dari Pangeran Charles (71), Putri Anne (69), Pangeran Andrew (60) dan Pangeran Edward (56) ini, sejatinya bukan dari garis pewaris utama tampuk kekuasaan Kerajaan Inggris dan negara-negara persemakmuran.

Pewaris utama Raja Inggris dari kakeknya, yakni Raja George V adalah Edward VIII, yang merupakan abang kandung dari bapak Elizabeth II, yakni George V.

Edward VIII adalah anak sulung Raja George V dan menjadi pewaris utama atau putra mahkota yang akan meneruskan kekuasaan sebagai raja.

Namun, Edward VIII yang dihadapkan pada pilihan sulit, menjadi Raja Inggris tapi meninggalkan wanita yang dicintainya, Walis Simpson.

Atau, menikahi Walis Simpson dan meninggalkan tahta sebagai Raja Inggris.

Dia akhirnya memilih meninggalkan tahta sebagai Raja Inggris. Dan, menikahi janda asal Amerika, Walis Simpson.

Bagi Walis Simpson, Edward VIII adalah suaminya yang ketiga.

Tahta Raja Inggris pun diberikan kepada anak kedua yakni George VI, yang merupakan bapak kandung Elizabeth II.

George VI meninggal di usia muda (56 tahun) dan hanya berkuasa selama 11 tahun. Namun, di masa kekuasaannya Inggris dan sekutu mengalahkan Jerman di Perang Dunia II.

Kematiannya, sekaligus mengantarkan Elizabeth II ke tahta Ratu Inggris. Kekuasaan yang ditandai dengan penobatannya di tanggal 2 Juni 1953. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...