free page hit counter

Misteri Terbesar Abad Ini, Ledakan Tunguska

Loading...

MISTERI yang menyelimuti ledakan Tunguska di Siberia, Rusia, hari ini tanggal 30 Juni 1908, sampai sekarang belum terpecahkan. Apa sebenarnya penyebab ledakan? Dari mana sumber ledakan?

Dan, banyak pertanyaan lainnya yang terkait ledakan di Krai Krasnoyarsk, Siberia, Rusia, tersebut.

Beragam teori sudah dimunculkan oleh banyak pihak. Juga berbagai pendapat dari ilmuwan di mancanegara.

Ada yang menyebut karena meteor. Namun, ada juga yang menyebutkan karena komet.

Akan tetapi semuanya masih belum menyepakati, apa yang sesungguhnya terjadi masa itu.

112 Tahun yang Lalu

ledakan tunguska 2 30 juni

Kejadian yang sudah berlalu 112 tahun itu masih tetap diselimuti misteri. Karena, semua teori dan pendapat tidak disertai bukti ilmiah yang kuat.

Peristiwa Tunguska, adalah sebuah kejadian berupa ledakan raksasa di udara. Mungkin lebih pas disebut ledakannya belum sampai di darat atau masih di angkasa.

Sejarah mencatat, ledakan raksasa di angkasa di atas wilayah sangat terpencil di udara itu terjadi sekitar pukul 07.14 pagi di Siberia.

Ledakan yang sangat kuat itu, menyebabkan kerusakan yang sangat parah. Hutan taiga yang ada di bawah ledakan hangus terbakar hingga sekitar 2.000 km persegi.

Sekaligus membuat puluhan juga pepohonan yang ada di hutan itu hangus terbakar. Termasuk, seluruh hewan di hutan tersebut. Hangus.

Bersukur tidak ada korban manusia. Karena, wilayah Siberia memang sangat terpencil dan susah ditempuh. Apalagi di tahun 1908.

Misteri yang Awalnya Tak Dipedulikan

Begitu terpencilnya dan terisolirnya Siberia kala itu. Sehingga, peristiwa itu sendiri pun baru terungkap bertahun-tahun kemudian di Rusia.

Apalagi, pada masa itu Rusia sedang bergejolak panas. Kekaisaran Rusia tengah di ujung tanduk dan akhirnya tumbang. Setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917.

Sementara di belahan dunia lainnya, juga tengah disibukkan dengan Perang Dunia I. Sehingga, ledakan besar di tempat yang nyaris tak berpenghuni dan terpencil itu, terabaikan.

Walau begitu, dalam sejarah tercatat bahwa suara ledakan itu terdengar hingga puluhan kilometer. Paling tidak hal itu diketahui dari keterangan penduduk Siberia, yang pada masa itu belum banyak.

Walaupun suaranya sangat keras dan dampaknya sangat besar, secara ajaib ledakan itu tidak membuat kawah atau lubang besar.

Ini yang membuat teori meteor atau komet, sulit dibuktikan secara ilmiah.

Bukan cuma itu, bekas-bekas atau serpihan meteor pun sama sekali tidak ditemukan di lokasi tersebut. Jadi, apa yang menyebabkan ledakan itu? Masih misteri. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...