Peduli Pendidikan, Lemdiklat Polri Fasilitasi Belajar Online Pelajar di Sekitar SPN

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Pandemi Covid-19 membuat ikatan antara polisi dan masyarakat makin erat. Tak sebatas memberi bantuan sembako gratis.

Polri juga memberi bantuan koneksi internet gratis ke pelajar. Supaya mereka bisa belajar atau ujian secara daring.

Kalemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto MSi, mengatakan sejak setahun yang lalu Lemdiklat memang telah membangun fasilitas IT Center di Lemdiklat Polri.

Tujuannya, untuk mendukung program pembelajaran dalam proses pendidikan dan pelatihan Polri.

Upaya peningkatan ini dilanjutkan ke seluruh jajaran satuan pendidikan Polri.  Baik di Pusdik maupun SPN yang tersebar di seluruh Polda.

Pengembangan perangkat dan peningkatan jaringan dan kualitas internet bekerja sama dengan PT Telkom dan Icon Plus (anak perusahaan PLN) sebagai penyedia jasa internet.

Ternyata, program pembenahan fasilitas jaringan internet itu sangat bermanfaat. Dan, mendukung kelancaran pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

Bukan hanya digunakan untuk kepentingan Polri, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pelajar SD atau SMP yang bertempat tinggal atau yang sekolahnya di sekitar SPN.

Untuk belajar dengan metode daring dan mendukung pelaksanaan ujian sekolah yang dilakukan dengan metode daring/online.

Program terobosan yang diberi nama “Polisi Peduli Pendidikan” dan ini salah satunya dilaksanakan SPN Polda Banten.

Dengan menyediakan tempat dan akses internet gratis bagi para siswa-siswi yang berada di sekitar SPN, termasuk SDN Kurungkambing

Kepala SPN Polda Banten Kombes Noffan Widyayoko, tergerak setelah adanya  pemberitaan tingginya beban hidup masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Juga keluhan para orang tua yang harus membeli paket internet.

Dampak dari pandemi ini sangat terasa terutama bagi masyarakat di tingkat ekonomi bawah yang hidupnya pas-pasan.  Termasuk, di daerah Kecamatan Mandalawangi, tepatnya Desa Kurungkambing, yang merupakan lokasi  SPN Polda Banten.

Ka SPN tergerak untuk memanfaatkan fasilitas internet yang cukup baik, guna membantu pelajar di sekitar SPN Polda Banten. 

Langkah ini dilakukan untuk memudahkan para pelajar memperoleh sambungan internet gratis. Sehingga beban orangtua untuk membeli kuota internet bisa terbantu.

“Kami bisa membagi internet seiring dengan peningkatan fasilitas internet di seluruh SPN se-Indonesia. Untuk mendukung Program Pembelajaran Jarak Jauh.

Fasilitas ini sebelumnya dibenahi oleh Lemdiklat Polri dan kini ternyata tak hanya bermanfaat untuk SPN. Tapi masyarakat sekitar,” tambah Kombes Noffan Widyayoko.

Tak hanya sekadar berbagi internet, langkah ini juga sebagai upaya mendukung tugas Polri.

Sebagai upaya preemtif dalam pembinaan remaja dan anak untuk peduli kamtibmas. Dan, mengajak pelajar peduli kesehatan, disiplin serta menghindari kenakalan remaja juga narkoba.

Kepala Sekolah SDN Kurungkambing Adim Gunawijaya, mengucapkan terimakasih atas perhatian SPN Polda Banten memberi internet gratis. Sehingga, anak didiknya dapat belajar dan ujian daring.

“Para wali murid banyak yang mengeluh membeli paket data. Alhamdulilah, ada penawaran menggunakan jaringan internet milik SPN dalam belajar daring.

Alhamdullilah ini artinya kami diakui SPN dan bisa bekerjasama. Siswa-siswi kami kini merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Arja dan M Sandi, dua orang wali murid.  “Orang tua mengucap terimakasih pada kepala SPN yang sudah memberi tempat dan internet gratis pada anak-anak kami,” ucap mereka. (mat) 

Loading...