Menag: Salat Id di Rumah, Silaturahmi Lewat Media Sosial

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi kembali menegaskan imbauan pemerintah terkait ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M.

Kepada Kompas TV, Senin (18/5/2020) Menag mengatakan sejak 20 Ramadan pemerintah sudah mengimbau. Ada tujuh poin imbauannya.

Pertama, covid tidak boleh mengganggu kegembiraan umat muslim menyambut idul fitri. “Ini kan hari kemenangan kita. Gak boleh diganggu oleh covid,” kata Menag.

Kedua, jangan lupa berbagi dengan mereka yang kurang mampu. Ketiga, jangan mudik.

“Kemudian pesan saya keempat di situ saya bilang salat id di rumah saja bersama keluarga inti, demikian lebaran di rumah saja, dan silaturahmi kita lakukan via media sosial saja,” pesan Menag, seperti dikutip suarasiber.com dari laman resmi Kemenag RI..

Kemudian yang ketujuh Menag menggaris bawahi agar masyarakat tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya menurut Menag dengan mematuhi anjuran menjaga jarak, termasuk dalam melaksanakan silaturahmi idul fitri.

Menag menganjurkan agar silaturahmi idul fitri cukup dilakukan secara virtual atau pun dengan media lain seperti telpon, tanpa saling berkunjung satu dengan lainnya.

“Jadi dengan demikian, silaturahmi tidak kita anjurkan (mendatangi) ke tetangga-tetangga gitu lah. Sementara ini cukup melalui medsos. Tetap di rumah saja bersama keluarga inti,” pesan Menag.

Menteri Fachrul pun mengapresiasi umat muslim karena telah mengikuti imbauan pemerintah untuk melaksanakan ibadah di rumah selama Ramadan.

Tarawih di rumah, sebutnya, berdampak baik. Salah satunya para kepala keluarga yang selama ini mungkin memiliki mental makmum, kini berubah bermental imam karena harus melangsungkan tarawih di rumah.

Menag berharap masyarakat dapat terus mengikuti imbauan pemerintah dalam pelaksanaan ibadah di rumah hingga masa idul fitri.

Sementara sidang isbat penentuan 1 Syawal 1441 H akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Mei mendatang. Sama seperti penentuan awal Ramadan, sidang ini juga bakal berlangsung secara virtual. (man)

Loading...