Mbah Minto, Wanita 70 Tahun yang Viral setelah Video Gagal Mudik

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Mbah Minto, seorang perempuan tua, kampung, polos. lugu tiba-tiba viral setelah menjadi tokoh sentral di Instagram dan YouTube Ucup Klaten. Dan tambah viral karena ditelepon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dilihat suarasiber.com, Selasa (12/5/2020), YouTube Ucup memiliki 513 ribu subscriber dan instagramnya memiliki 221 ribu pengikut.

Konten video yang diunggah Ucup cukup kreatif. Ia melakukan komunikasi jarak jauh dengan ibunya yang diperankan Mbah Minto. Percakapannya lucu-lucu, dan Ucup menyebutnya dagelan (lelucon) Jawa.

Pada video tentang Ucup yang gagal mudik karena corona, Gubernur Jateng Ganjar Prabowo pun tergelitik dan berkomunikasi dengan Mbah Minto.

Pada video tersebut, Mbah Minto berpesan seperti ini kepada anaknya:

“Kamu kalau pulang malah bawa virus, Mbokmu malah tambah sakit. Gak usah pulang, taatlah dengan Pakde Jokowi,” katanya sambil menggenggam smartphone.

Yang membuat lucu, ia mengakui jika badannya sakit bukan lantaran Ucup tak pulang, melainkan karena menunggu kiriman uang dari anaknya itu.

“Nunggu duitmu, Le,” katanya.

Buntutnya, Gubernur Ganjar, Mbah Minto dan Ucup pun live bersama di Instagram, diunggah di akun Ganjar 2 Mei 2020 lalu. Dari percakapan ini diketahui jika pekerjaan Mbah Minto mencari rumput.

Mbah Minto juga mengaku kepada Gubernur Ganjar tinggal sendiri di rumah, suaminya sudah meninggal dan empat anaknya sudah berkeluarga semua.

Bagian ini yang membuat Gubernur Ganjar geli menahan tawa. Ia bertanya ke Mbah Minto bagaimana makannya, dari mana, dikirim apa ada yang membantu.

Spontak dijawab Mbah Minto, “Maeme ya sekul (makannya ya nasi).”

“Iya Mbah, pasti makannya nasi. mau makan apa lagi,” karta Ganjar dalam terjemahan Bahasa Indonesia.

Hingga Gubernur pun meminta bantuan Ucup untuk memberikan penjelasan ke Mbah Minto soal pertanyaannya.

Ucup pun menjawab, untuk makan Mbah Minto diberi tetangga.

Kemudian Ganjar menanyakan apakah Mbah Minto belum mendapatkan bantuan pemerintah, dijawan Mbah Minto dengan satu kata: belum.

Begitulah Mbah Minto. Ceplas-ceplosnya membuat warganet kangen. Dan video yang melibatkan perempuan berusia lanjut ini pun mampu meraup satu juta pemirsa dalam waktu sehari.

Anda penasaran? Klik saja YouTube dan Instagramnya. (man)

Loading...