Mantan Direktur Penyidikan KPK Irjen Dr Aris Budiman, Jabat Kapolda Kepri

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Irjen Pol Dr Aris Budiman Bulo MSi, mantan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Kapolda Kepri sesuai surat telegram Kapolri tanggal 1 Mei 2020.

Selain di KPK, jabatan terakhir pria kelahiran Pangkajene, Sulsel tanggal 25 Januari 1965 ini, adalah Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri dari 21 Desember 2018 – 1 Mei 2020.

Meski dilahirkan di Pangkajene, Aris adalah asli Tana Toraja. Tepatnya di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, yang keindahannya sudah mendunia seperti Bali.

Bedanya, Bali dikenal dengan keindahan pariwisata pantainya. Sedangkan, Toraja dikenal dengan keindahan alam pegunungannya untuk pariwisatanya.

Saat ini, Kabupaten Toraja Utara adalah sebuah kabupaten otonom hasil pemekaran Kabupaten Tana Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kotanya adalah Rantepao.

Aris yang merupakan alumni Akademi Kepolian (Akpol) tahun 1988 ini, memiliki  pengalaman panjang di reserse. Sebelum menjadi Kapolres Pekalongan, Aris menjabat sebagai penyidik madya Unit I Dit II Bareskrim Polri tahun 2007.

Tahun 2011kembali ke reserse sebagai Kasubdit VI Dittepeksus Bareskrim Polri.

Kemudian, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya tahun 2014 dan Wadirtipikor Bareskrim Polri tahun 2015. Setelah itu, Aris masuk ke KPK sebagai Direktur Penyidikan.

Aris menggantikan Irjen Pol Andap Budi Revianto yang dipromosikan menjadi Irjen di KemenkumHAM. (mat) 

Loading...