Kereta MCK Inovasi Kementerian PUPR Layani 350 Orang Sehari

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pola hidup sehat tak bisa ditawar, apalagi di saat pandemi Covid-19 ini. Pada hari-hari biasa saja selalu diserukan agar hidup sehat.

Kementerian PUPR melalui Pusat litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) dan Badan Litbang Kementerian PUPR (Balitbang PUPR) mengembangkan inovasi teknologi Kereta Mandi, Cuci, Kakus, dan Wastafel (Kereta MCK).

Kereta ini dapat diterapkan pada daerah-daerah yang belum memiliki fasilitas sanitasi yang layak guna mendorong pola hidup bersih dan sehat di tengah pandemi COVID-19.

Dibaca suarasiber.com dari Instagram Kementerian PUPR, kereta MCK dirancang dengan sistem mobile agar mudah untuk berpindah melayani dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dengan kapasitas tangki air sebesar 7.000 liter, diproyeksikan mampu melayani hingga sekitar 350 orang per hari dengan konsumsi 20 liter/orang/hari.

Dalam penerapannya Kereta MCK memiliki beberapa keunggulan yakni modul yang kompak dan kokoh, ramah bagi lansia dan anak-anak, dan kapasitas tampungan air bersih besar serta dilengkapi fasilitas penerangan untuk penggunaan malam hari. (man)

Loading...