Jejak Kombes Herry Heryawan di Penangkapan 1,109 Ton Sabu

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Berawal dari penangkapan kapal Iran di Sabang, Aceh, Desember 2019. Tim Satgassus Polri Merah Putih yang dipimpin Kombes Herry Heryawan SIK MH, berhasil menangkap narkoba sabu-sabu dari jaringan Iran berjumlah total sekitar 1.109 Kg.

Jika dirupiahkan bernilai sekitar Rp554,5 triliun!

Jumlah total sekitar 1,109 ton sabu-sabu itu berasal dari penangkapan 288 Kg sabu, Januari 2020. Dan, sekitar 821 Kg sabu, Jumat (22/5/2020) di Serang, Banten.

Dua kali penangkapan itu menjadi bukti sahih. Bahwa, meski sudah ditangkap. Namun, para pengedar sabu-sabu internasional, khususnya jaringan Iran tetap berusaha menerobos masuk Indonesia.

Segala cara mereka lakukan, juga dari segala arah. Aceh dan Serang, Banten menjadi bukti upaya para bandit narkoba itu.

Beruntung, Bareskrim Mabes Polri punya satuan tugas khusus (Satgassus) Merah Putih, yang mampu mengendus. Sekaligus, meringkus jaringan narkoba internasional asal Iran dengan barang bukti lebih dari 1 ton.

Padahal, siapapun tahu untuk menangkap bandit narkoba sangat sulit. Apalagi dengan jumlah barang bukti ratusan Kg.

Butuh kecerdasan ekstra, di samping penguasaan IT, skill, keberanian, mental baja, keberuntungan dan lain-lain.

Herry Heryawan sendiri sudah berpengalaman menangkap narkoba dalam jumlah besar. Seperti upaya penyelundupan sabu-sabu eks-Taiwan sekitar 1 ton di Pantai Anyer, Juli 2017

Saat itu, mantan Kasatreskrim Polres Tanjungpinang dan Kasatreskrim Polresta Barelang, Batam mengintai hingga sekitar 2 bulan. Sebelum berhasil menangkap sabu-sabu sekitar 1 ton.

Kini, di pengungkapan jaringan narkoba asal Iran, Herry yang akrab dengan sapaan Herimen juga mengintai beberapa bulan. Sejak Desember 2019 hingga akhirnya berhasil meringkus sabu dengan berat total sekitar 1,109 ton.

Bedanya, di penangkapan jaringan Taiwan, terjadi tembak menembak yang seru. Sedangkan di penangkapan jaringan Iran ini, dua tersangka pelakunya tak mampu lagi melawaan.

“Gak ada (perlawanan, red) bro,” kata Herimen menjawab suarasiber.com, Minggu (24/5/2020). (mat)

Loading...