Baznas Kepri Salurkan Rp4,604 Miliar Zakat

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepri Mustamin Husein, mengungkapkan di tahun 2019 jumlah dana zakat yang terkumpul sekitar Rp5,113 miliar. Dan, sekitar Rp4,604 miliar telah tersalurkan.

Sedangkan jumlah zakat mal yang terkumpul pada tahun lalu sekitar Rp36,189 miliar. Yang berarti, jumlah zakat di Kepri setiap tahun naik sekitar 20 hingga 25 persen.

Dan, tahun 2020 ini adalah tahun yang ke-3. Tahun ini Baznas Kepri memiliki program yang berbeda.

Karena Baznas juga harus membantu para korban COVID-19. Sehingga, Baznastidak hanya berkutat dalam 8 asnaf yang berhak menerima zakat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa, baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan menjelang datangnya Idul Fitri.

Di samping, untuk mensucikan diri setelah melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadan, zakat fitrah juga dimaknai sebagai wujud kepedulian terhadap orang yang kurang mampu.

Kemudian, berbagi kebahagiaan dan kemenangan di Hari Kemenangan (hari raya). Dan, bisa dirasakan semua orang, termasuk mereka yang miskin dan tidak mampu.

Zakat fitrah, yang diharuskan bagi setiap orang Islam, besarannya berupa beras atau makanan pokok dengan berat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Ada juga yang berupa uang, yang nilainya disetarakan dengan makanan pokok yang dimakan. (mat)

Loading...