Vietnam Kalahkan Covid-19, Ketangguhan Ho Chi Minh Diingat Lagi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pandemi virus corona di dunia menjadi ajang unjuk jago bagi Vietnam. Negara ini membuktikan diri sebagai bangsa yang tangguh. Tak hanya di perang Indocina I dari Desember 1946 – Agustus 1954 saat mengalahkan Prancis dan sekutunya.

Juga di perang Indocina II atau perang Vietnam tahun 1968 – 1975, saat mengalahkan Amerika Serikat dan sekutunya. Tapi juga di perang melawan virus corona.

Vietnam menjadi satu-satunya negara di ASEAN, yang mampu menihilkan angka kematian karena virus corona. Padahal, negara dengan penduduk sekitar 97 juta jiwa ini, berbatasan langsung dengan sumber virus, China.

Berdasarkan catatan Worldometer, Jumat (24/4/2020) pukul 05.57 GMT atau pukul 12.57 WIB, angka terjangkit Covid-19 hanya 268 kasus dan yang sembuh 223 kasus.

Data itu berbanding terbalik dengan dua negara yang dikalahkan Vietnam di medan perang, Prancis dan Amerika.

Jumlah kasus covid-19 di Prancis saat ini sekitar 158.183 kasus dan angka kematiannya 21.856 kasus.

Sedangkan di Amerika Serikat jumlahnya sekitar 886.709 kasus. Dengan angka kematian sekitar 50.243 kasus, sudah melebihi jumlah tentara Amerika yang tewas di Perang Korea tahun 1950 – 1953.

Ketangguhan Vietnam ini diapresiasi oleh netizen di Indonesia dan jadi trending topik di media sosial. Netizen tak hanya mengapresiasi kebijakan pemerintah Vietnam menangani kasus covid-19.

Tingginya kedisiplinan rakyat Vietnam, juga ikut diapresiasi. Salah satunya disampaikan akun @ayah_dhika26.

“Mereka sudah paham dan mengerti bagaimana mereka terisolasi sejak perang, dan sekarang mereka belajar akan itu… kedisiplinan dan konsisten menjalankan himbauan dari pemerintah adalah kuncinya.

Indonesia????”

Akun lainnya atas nama @danielgintinggm, juga mencuitkan apresiasinya.

“☝️ salut dgn negara Vietnam, satu satu2x negara di Asean yg NIHIL dr kmatian Covid 19. Patuh&antri swaktu pembagian beras dgn cr antri dan di terapkn sosial distancing&phisikal distancing, sm2 lg susah tp msh tetap antri disiplin&bersabar.
Sebarkn vidio ini agar msyrkt kt bs bljr.”

Cuitan menarik disampaikan akun @tjamboek, yang justru memuji nama pejuang tangguh Vietnam Ho Chi Minh.

“Vietnam selalu bisa jangan kan Cuma Covid19, tentara US aja mereka usir salut sama paman Ho😂.”

Ho Chi Minh adalah Bapak Vietnam, mantan Perdana Menteri dan Presiden Vietnam Utara, namanya kini diabadikan jadi nama kota. Dialah aktor utama di perang Indocina I, saat mengalahkan Prancis.

Juga arsitek Perang Indocina II (Perang Vietnam), yang mengalahkan Amerika Serikat. Uncle Ho atau Paman Ho, adalah nama sebutan populernya. (mat)

Loading...