Tiga KBRI di Eropa Fasilitasi Kepulangan 18 WNI dari Polandia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sedikitnya 17 pekerja migran Indonesia (PMI) dan seorang mahasiswa yang kuliah S2 di Polandia dipulangkan ke Indonesia karena negera tersebut menerapkan lockdown akibat Covid-19.

Kepulangan 18 WNI dari Polandia tersebut dijembatani oleh 3 KBRI yakni KBRI Polandia, KBR Berlin dan KBR Den Haag. Polandia sendiri menerapkan lockdown sejak 15 Maret 2020.

Perwakilan RI di Warsawa, Polandia langsung mengambil tindakan cepat untuk memberikan perlindungan WNI dengan melakukan penampungan bagi mereka sejak tanggal 9 April 2020.

Sebenarnya ke-18 WNI tadi sudah membeli tiket pesawat pada 12 April, namun dibatalkan oleh maskapai KLM karena adanya penutupan bandara di Jerman bagi maskapai tersebut.

Akibatnya, proses pemulangan WNI tersebut juga harus ditempuh menggunakan transportasi darat dari Polandia, Jerman dan Belanda. Para WNI menempuh perjalanan selama 5 jam dengan jarak tempuh 520 km dari kota Warsawa ke kota Kustryn, Polandia Barat pada tanggal 16 April 2020.

Di hari yang sama, perjalanan dilanjutkan dari kota Kustryn menuju kota Osnabruck Hbf, Jerman selama 4,5 jam dengan jarak tempuh 512 km. Di Jerman, para WNI dimaksud langsung ditangani oleh KBRI Berlin untuk persiapan kelanjutan perjalanan darat para WNI tersebut dengan menggunakan kereta api dari Osnambruc Hbf menuju bandara internasional Schiphol, Belanda.

Setelah tiba di bandara internasional Schiphol di Belanda pada tanggal 16 April 2020. Para WNI langsung ditangani oleh KBRI Den Haag dengan penyediaan penjemputan di bandara, penyediaan tempat penginapan, konsumsi, pemeriksaan suhu tubuh, masker, sarung tangan dan hand sanitizer untuk memastikan kesehatan para WNI sebelum kembali ke tanah air.

Hasil sementara pemantauan KBRI Den Haag, para WNI tampak sehat dan tidak menunjukkan gejala-gejala yang mengindikasikan memiliki masalah kesehatan.

Setelah bermalam di Belanda selama satu malam, pada tanggal 17 April 2020 para WNI tersebut bertolak ke Indonesia dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Pemulangan ke-18 WNI dari Polandia tersebut berhasil dilaksanakan dengan lancar dan baik berkat kerja sama yang erat dan koordinasi yang baik antara KBRI Warsawa, KBRI Berlin dan KBRI Den Haag.

Upaya ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah RI di luar negeri melalui Perwakilan RI dalam rangka memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada dan guna memastikan kehadiran negara bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Demikian dilansir suarasiber dari kemlu.go.id. (mat)

Loading...