SS Gallery juga Terima Pembuatan Relief untuk Rumah Mewah Anda

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah rumah bukan hanya indah dari bentuk bangunannya, melainkan juga dari interior dan eksteriornya. Salah satu bentuk karya seni yang sering diaplikasikan untuk menampilkan keindahan sekaligus emewahan ialah relief.

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemdikbud, relief memiliki arti pahatan yang menampilkan perbedaan bentuk dan gambar dari permukaan rata di sekitarnya; gambar timbul (pada candi dan sebagainya).

relief 7
Relief Kapal Cheng Ho di sebuah hotel ternama di Kota Batam. Foto – istimewa

Dengan membaca arti tersebut Anda pasti memiliki gambaran tentang relief. Jika belum, foto-foto yang ada di berita ini mungkin bisa membantu pemahaman Anda.

Relief bisa ditampilkan di pagar rumah juga cukup menawan untuk hiasan dinding di ruang tamu rumah Anda. SS Gallery menawarkan relief dari bahan batu bata herbel atau bata celcon.

Relief Kapal Lancang Kuning di Guest House Otorita Batam, Sekupang. Foto – istimewa

“Batu-batu celcon tadi ditumpuk, disusun sesuai ukuran yang dikendaki. Disketsa menggunakan spidol lalu langsung dipahat. Motifnya terserah apa keinginan konsumen,” ujar Zainal, seniman yang menggawangi SS Gallery, semalam di showroomnya.

Pengerjaan dilakukan di bengkel kerja, jika sudah selesai dibawa ke rumah konsumen untuk disusun kembali. Finishing relief juga bisa disesuaikan, apakah ingin tetap mempertahankan warna asli putih batu celcon atau diberi sentuhan cat agar mirip pahatan lama seperti yng ada di candi-candi.

relief 2
Soal motif menyesuaikan keinginan konsumen. Foto – istimewa

“Namun jika memang permintaan konsumen pengerjaan dilakukan di rumahnya, tak jadi masalah,” imbuh Zainal yang pernah mendesain dan mengirimkan karyanya untuk latar panggung teater di Kamboja.

Pahatan timbulnya juga disesuaikan dengan desainnya. Ada yang memang harus dipahat cukup dalam, ada yang dangkal, karena itu akan menampilkan keindahan saat hasil akhir.

relief 4
Bahkan kaligrafi juga bisa dibuat reliefnya. Foto – istimewa

Zainal yang belajar mengukir sejak SD di kampung halamannya, Jepara, Jawa Tengah ini sudah banyak menghasilkan relief. Ada yang dipasang di hotel, rumah mewah, komplek perkantoran dan sebagainya. Ukurannya pun beragam.

relief 1
Di SS Gallery Tanjungpinang, batu celcon pun bisa menjadi karya seni. Foto – istimewa

SS Gallery ada di lantai satu Kantor Redaksi suarasiber.com, Komplek Ruko Bintan Centre Blok O Nomor 14, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Sebuah terobosan unik, ketika sebuah kantor media berkolaborasi dengan galeri seni dalam satu gedung.

“Lebih bersemangat saja begitu masuk kantor disambut lukisan dan karya seni lainnya,” ujar Pemimpin Redaksi suarasiber.com, Sigit Rachmat.

Untuk informasi selengkapnya tentang relief di SS Gallery, silakan klik tautan berikut ini. (man)

Loading...