Ratusan Eks-TKI Buangan Malaysia Masuk Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Dua rombongan eks-TKI yang dihalau dari Malaysia, masuk ke Tanjungpinang, Rabu (29/4/2020) siang. Dan, akan diendapkan di Ibu Kota Kepri ini selama 2 pekan sebelum dipulangkan ke daerahnya.

Ratusan orang yang nama resminya sekarang disebut dengan WNI Migran dan Korban Perdagangan Orang itu, tiba dengan dua kapal. Kapal yang berlayar langsung dari Malaysia ke Tanjungpinang.

Rombongan pertama menggunakan Kapal MV Marina Syahputra 1 dengan jumlah 121 orang. Mereka terdiri dari 69 orang laki-laki dan 52 orang perempuan.

Setelah diperiksa dokumen dan kesehatannya di pelabuhan Sri Bintan Pura, mereka ditempatkan di RPTC (Rumah Perlindungan Trauma Center) selama 14 hari ke depan.

Dan, jika tidak ada permasalahan kesehatan atau pun yang lain, mereka akan dikembalikan ke kampungnya masing-masing.

Setelah pemeriksaan selesai, mereka dibawa ke RPTC Kota Tanjungpinang menggunakan 10 unit angkutan umum. Dan, dengan pengawalan Polres Tanjungpinang dan Dishub Tanjungpinang.

Rombongan kedua dengan kapal MV Citra Indah 99. Dan, terdiri dari 82 laki-laki dan
38 perempuan.

Seperti rombongan pertama, mereka juga mendapat perlakuan serupa dan juga ditempatkan di RPTC.

Sejumlah pejabat menyambut kedatangan mereka. Di antaranya, Irwanto Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjungpinang dan
Piter M Matekeiina (Koordinator Pemulangan Kemensos Direktorat Rehabilitas Sosial,Tuna Sosial dan Korban Perdagangan RPTC Tanjungpinang). Kemudian, Agus Jamaludin Kepala KKP dan Asmen Pelindo I. (mat) 

Loading...