PSBB Pekanbaru Disetujui Menteri Kesehatan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kota Pekanbaru, Riau mendapatkan persetujuan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Persetujuan ditekan oleh Menkes terawan Agus Putranto di Jakarta, Minggu (12/4/2020).

“Iya (sudah ditandatangani),” kata Kepala Puskom Kementerian Kesehatan Busroni melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (13/4/2020).

Surat yang diteken Menkes Terawan bernomor HK.01.07/Menkes/250/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berakal Besar di Wilayah Kota Pekanbaru Provinsi Riau dalam Rangka Percepatan Corona Disease 2019 (Covid-1919).

Dilansir suarasiber dari pekanbaru.go.id, pengajuan SPBB Kota Pekanbaru sudah disetujui Pemerintah Provinsi Riau.

Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, MT mengatakan, untuk menerapkan PSBB, ada tiga komponen yang harus bekerja sama agar berjalan dengan baik. Tiga komponen itu adalah ulama, pemimpin dan masyarakat.

“Peperangan kita melawan Covid-19 akan berjalan baik jika ada kerja sama Pemimpin, Ulama dan didukung penuh oleh masyarakat itu sendiri,” kata Walikota, Sabtu (11/4/2020).

Lanjutnya, Kota Pekanbaru tidak bisa bekerja sendiri saat penerapan PSBB dilakukan. Ada kabupaten dan kota lain yang harus ikut mendukung rencana PSBB di Kota Pekanbaru.

“Pekanbaru sebagai kota utama dalam Kota Metropolitan Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan), sebagai Ibukota Provinsi Riau, daerah transit dan daerah terbuka, maka Pekanbaru tidak bisa sendiri,” jelasnya.

“Dukungan dari Kampar, Siak dan Pelalawan dan ditambah Dumai dan Bengkalis ini membuat akan lebih efektif dalam rangka pelaksanaan PSBB agar berjalan baik,” pungkasnya.

Dengan diberlakukannya SPBB di Kota Pekanbaru, hingga hari ini sudah ada beberapa kota yang juga menerapkan kebijakan serupa. Pertama ialah DKI Jakarta, lalu Depok, Bogor dan Bekasi di Jawa Barat. Banten juga telah mendapatkan persetujuan, dan terakhir Pekanbaru.

Lalu bagaimana kondisi hari pertema pemberlakuaan SPBB di Jakarta? Gubernur Anies Baswedan saat berbicara di kantornya mengatakan, jalanan sepi. Menurutnya pada hari itu pemberlakuakn SPBB berjalan dengan baik. (mat)

Loading...