Pemkab Lingga Optimalkan Kerja di Tengah Pandemi dengan Video Conference

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Pemerintah Kabupaten Lingga mengikuti video conference bersama Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Riau (BPKP Kepri), pada Selasa (14/4/2020) sore di ruang rapat Kantor Bupati Lingga.
Kegiatan ini juga diikuti kabupaten/kota lainnya di Kepri di kantornya masing-masing.

Dalam rapat melalui video conference ini, BPK Perwakilan Kepri Widhi Widayat menyampaikan bahwa proses pemeriksaan LKPD tahun 2019 tetap dilaksanakan meski dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita akan tetap menjalankan proses pemeriksaan dengan tetap mengikuti himbauan dari pemerintah dengan mengurangi interaksi fisik,” ujar Widhi.

Widhi mengatakan, secara teknis dalam melakukan pemeriksaan petugas lebih banyak berkoordinasi melalui teknologi video conference. Walaupun harus melakukan kunjungan maka jumlah petugas akan dibatasi.

“Karena keterbatasan interaksi yang bisa dilakukan, maka diharapkan daerah dapat menyiapkan dokumen yang akan diperiksa. Sehingga mengurangi intensitas pertemuan fisik,” pintanya.

Namun demikian, pihaknya juga tidak bisa memaksakan untuk menyelesaikan dengan cepat, mengingat ditengah kondisi seperti ini tentunya akan mempengaruhi kondisi psikis para pegawai, sehingga pemeriksaan dilaksanakan dengan cara yang lebih fleksibel.

Selain itu, diinformasikan juga bahwa BPK turut memantau bagaimana pemerintah pusat dan daerah menangani pandemi covid-19 terkait bagaimana sumber pendanaannya.

Menanggapi hal tersebut, Inspektur Kabupaten Lingga Said Sudrajat menyatakan bahwa Inspektorat Kabupaten Lingga siap mendukung langkah BPKP Kepri sekiranya perlu dilaksanakan pengecekan-pengecekan fisik di daerah.

Hadir pada rapat video conference, Wakil Bupati yang didampingi Sekda Lingga, Asisten dan sejumlah Kepala Dinas dan Badan. Pada kesempatan itu diketahui bahwa Pemkab Lingga Lingga juga telah menyiapkan dana untuk menangani kasus pandemi covid- 19 yakni melalui anggaran APBD Lingga.

Diketahui dalam pemeriksaan LKPD ini, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas sudah sampai pada proses akhir pemeriksaan oleh BPK.

Demi memastikan pemerintahan tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya, Pemkab Lingga yang dimotori Kominfo dan Humas Kabupaten Lingga telah melaksanakan berbagai video conference.

Baik itu berkenaan dengan percepatan penanganan Covid-19 ini, maupun pengelolaan keuangan dan koordinasi lainnya, bersama pemerintah provinsi, hingga dengan pihak kementerian dan pemerintah pusat. ***

Loading...