Pemerintah Wajibkan Mulai Hari Ini, Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Untuk mencegah penularan virus corona, semua warga Indonesia diminta untuk memakai masker setiap keluar rumah.

”Oleh karena itu mulai hari ini sesuai rekomendasi WHO kita pakai masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” katanya pada konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Ia melanjutkan bahwa masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19. Sementara, untuk masyarakat bisa menggunakan masker kain sebagai pencegahan.

Dokter Achmad pun menjelaskan aturan pemakaian masker kain. Ia menjelaskan masker kain dipakai tidak lebih dari 4 jam, setelah itu harus dicuci dengan menggunakan sabun.

”Masker kain bisa dicuci, kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam, kemudian direndam di air sabun kemudian dicuci.

Ini upaya kita dalam mencegah penularan di samping cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik,” ujarnya.

Tak hanya WHO, Presiden AS Donald Trump sejak beberapa hari lalu juga sudah menyampaikan imbauan. Agar, warganya selalu memakai masker saat keluar rumah.

Kementerian Kesehatan RI melalui akun medsos resminya @KemenkesRI, Minggu (5/4/2020), juga menyampaikan imbauan penggunaan masker.

“Mulai hari ini, sesuai rekomendasi @WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semuanya harus pakai masker. Masker bedah dan masker N95 untuk petugas kesehatan, masyarakat bisa menggunakan masker kain.” (mat) 

Loading...