Lucunya Tulisan Peyemangat di APD Tim Pengubur Jenazah akibat Covid-19

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemakaman jenazah warga karena Covid-19 tentulah berita duka. Namun para petugasn pengubur harus melakukan tugasnya dengan psnuh semangat.

Di Yogyakarta, hal unik dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) untuk menyemangati para petugas.

Mereka menuliskan coretan bebas di Alat Pelindung Diri (APD) sebelum para petugas menguburkan jenazah.

Petugas dibantu rekan-rekannya mengenakan APD. Tak hanya membantu, selanjutnya ialah mengambil spidol dan aksi corat-coret pun dimulai. Beragam tulisan dituangkan.

Ada yang menuliskan Demit. Bahkan ungkapan cinta atau kasih sayang pun tak luput dari coretan di APD tersebut.

Seperti tulisan Love (pakai lambang jantung) Herlina Sanjaya. Lalu ada lagi petugas pengubur jenazah karena Covid-19 yang APD-nya ditulisi TRC BPBD DIY lalu di bawahnya ada Priyadi Cengux, mungkin Cengux ini nama panggilan si petugas atau yang lain.

Harapan juga disematkan di APD yang membuat warga tersenyumj kala melihatnya. Covid-19 Pergi, Welcome Ramadan, demikian coretan yang juga ada di APD petugas di Yogyakarta.

Coretan agak “nakal” juga ada, seperti Mugo Iso Ngurangi Dosaku (semoga bisa mengurangi dosaku).

Dilihat suarasiber dari YouTube CNN Indonesia, Minggu (19/4/2020), semua coretan yang dituliskan di APD merupakan pesan penyemangat.

Hal ini disampaikan Komandan TRC BPBD DIY, Pristiawan Buntoro yang menyebutkan, coretan bisa jadi ungkapan petugas yang mengenakannya.

“Selain coretan teman-temannya sesama tim, pasti ada satu yang merupakan ungkapan hati yang bersangkutan. Ini menjadi pesan penyemangat untuk tim pemulasaran jenazah,” ungkapnya.

APD yang dipakai untuk menguburkan jenazah korban Covid-19 hanya sekali pakai, sehingga coretan tadi juga akan dimusnahkan bersama APD usai pemulasaran atau penguburan.

Tampaknya tak semua orang berani mengambil tugas sebagai tim pengubut jenazah akibat Covid-19. Tak salah jika di salah satu APD TRC BPBD DIY terlihat bertuliskan: Ora Kuat, Minggat (yang tidak kuat pergi saja).

Selamat bertugas para pahlawan! (mat)

Loading...