Kalau Urusan Corona Hanya Diserahkan ke Pemerintah, Tak Akan Tertangani

Loading...

BATAM (suarasiber) – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kepri H Isdianto mengingatkan masyarakat untuk menjalankan disiplin yang kuat upaya-upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Kalau diserahkan sama pemerintah saja, kami tak akan tertangani saat ini. Kalau kita tangani bersama-sama, saya yakin corona segera sirna dari Kepri,” kata Isdianto ketika penyerahan bantuan mobil penyemprot disinfektan dan wipol di Gedung PMI Kota Batam, Batam Centre, Sabtu (25/4/2020) petang.

Bantuan diserahkan kepada Ketua PMI Batam Hj Sri Sudarsono. Tampak hadir pada kesempatan itu Ketua PKK Kepri Meri Isdianto dan sejumlah pengurus PMI Kepri dan Kota Batam.

Isdianto menambahkan, saat ini dia berharap tren penurunan orang-orang yang terdampak covid19 semakin besar. Sehingga, virus ini benar-benar sirna di Kepri.

Memang dalam data Tim Gugus Tugas, penurunan terjadi di sejumlah kategori. Sejak 17 Maret lalu, sudah 208 PDP selesai pengawasan dari 281 PDP yang tercatat. Demikian juga dengan ODP yang sudah selesai pemantauan mencapai 2.379 pasien dari 3.058 pasien.

Dari kategori 1.769 orang tanpa gejala (OTG), sudah dilakukan pengecekan swab test dengwn 65 negatif dan 9 terkonfirmasi positif.

Sembilan pasien positif ini melengkapi jumlah pasien positif di Kepri menjadi 54 hingga Sabtu (25/4) lalu. Mereka tersebar di Batam dengan 29 pasien, Tanjungpinang sebanyak 21 pasien, serta Karimun dan Bintan masing-masing dua pasien. Jumlah di Kepri belum termasuk cluster KM Kelud yang berjumlah 29 orang dan dirawat di RS Galang.

Dari 54 pasien itu, kota 26 sedang menjalani perawatan dan 11 orang sedang melaksanakan karantina. Dari jumlah itu, sembilan di antaranya sudah sembuh dan delapan meninggal dunia.

Tim Gugus Tugas pun terus melakukan perluasan kelompok masyarakat untuk dilakukan rapid test. Sampai saat ini, sudah 2.692 pasien yang menjalani rapid test dengan hasil 77 reaktif dan 2.615 non reaktif.

Protokol kesehatan wajib dilakukan. Di antaranya selalu mencuci tangan, baik dengan air mengalir dan sabun ataupun hand sanitizer. Juga harus selalu menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah, selalu menjaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh.

“Terima kasih kepada tim medis, TNI/Polri, relawan, masyarakat Kepri yang bergerak bersama untuk mencegah sebaran virus corona,” tutu Isdianto. (mat/man)

Loading...