free page hit counter

Hore… Petani Bisa Dapat Kredit Usaha Rakyat (KUR), Begini Caranya…

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Suwandi, M.Si mengintruksikan semua Kadis Pertanian di seluruh Indonesia, mendorong para petani bisa mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Di samping sejumlah instruksi lainnya, untuk memaksimalkan serap gabah petani saat panen raya. Dalam Program Komando Strategi Penggilingan Padi (Kostraling) serta memfasilitasi penyaluran KUR ke Kostraling/penggilingan.

Instruksi itu disampaikan melalui surat No. 2866/RC.020/C/04/2020 tanggal 20 April 2020, yang diteruskan ke redaksi suarasiber.com. Berikut isi lengkap surat tersebut :

  1. Update data penggilingan dan kapasitasnya, serta melengkapi kolom data penggilingan (Prov, Kab/Kota, Kec, Desa, Nama Perusahaan, Alamat, Tenaga Kerja, Kapasitas, Lokasi Usaha, Nama Pemilik, NIK, Nomor Telepon/HP) (Lampiran 1).
  2. Mendorong Kelompok Tani/Gapoktan, Kostraling dan Offtaker untuk akses KUR ke BRI/Mandiri/BNI atau Bank Daerah. Selanjutnya usulan KUR di setiap wilayah mencakup rekap excel (Prov, Kab/Kota, Kec, Desa, Nama Poktan/Gapoktan/Kostraling/Offtaker, NIK, Alamat, No Telp/HP, nilai pengajuan KUR (Rp)) ke Ditjen Tanaman Pangan secara rutin (1 mingguan) (Lampiran 2).
  3. Mendata stok beras dan mensosialisasikan pelaporan data beras dengan aplikasi info penggilinga padi (Lampiran 3).
  4. Mendata operasionalisasi dryer padi dan jagung serta RMU Banpem 2017-2019 sekaligus memantau stok padi dan jagung terkait ketersediaan pangan dan pakan melalui kuesioner: (a) Padi dan (b) Jagung.
  5. Mengupdate rutin data harga tani online yang diakses melalui apps.tanamanpangan.pertanian.go.id.

Kuesioner tersebut agar diteruskan ke Poktan/Gapoktan penerima bantuan. Bersama kostratani mengkoordinir pengisian data dilakukan setiap seminggu sekali atau setiap ada perubahan. Panduan pengisian kuesioner pada Lampiran 4.

Sebelumnya, Suwandi juga menyampaikan apresiasinya ke petani Lingga, yang telah panen raya. Dan, tengah menyiapkan penanaman musim tanam kedua tahun ini. (mat)

Loading...