Bill Gates: Vaksin COVID-19 Mungkin Siap dalam 12 Bulan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Vaksin, adalah satu-satunya cara membuat dunia kembali semula, seperti sebelum diserang virus corona (COVID-19). Menurut Bill Gates, Ketua Yayasan Bill & Melinda Gates, vaksin efektif terhadap COVID-19 tengah dikembangkan.

Pengembangan vaksin saat ini sudah masuk uji coba manusia. Pembahasan tentang kandidat yang paling menjanjikan juga sudah dilakukan.

“Kami tidak yakin vaksin mana yang akan menjadi paling efektif. Dan, masing-masing membutuhkan teknologi unik untuk dibuat,” kata Bill Gates, Ketua Yayasan Bill & Melinda Gates sebagaimana dirilis suarasiver.com dari gatesfoundation, Kamis (30/4/2020).

Bill Gates yang telah memprediksi wabah ini 5 tahun lalu, mendorong berbagai negara berinvestasi membangun fasilitas manufaktur sejak sekarang.

“That means nations need to invest in many different kinds of manufacturing facilities now, knowing that some will never be used.

Otherwise, we’ll waste months after the lab develops an immunization, waiting for the right manufacturer to scale up.”

Dengan asumsi semuanya berjalan sesuai rencana, 12 hingga 18 bulan dari sekarang, vaksin COVID-19 pertama akan mulai diluncurkan dari salah satu pabrik tersebut dalam jumlah besar.

Lalu apa? Bill Gates menekankan pentingnya vaksin ini sampai ke semua lapisan secara adil. Bukan hanya untuk orang tertentu atau yang paling banyak menginvestasikan uangnya.

Sebab, jika sampai terjadi ketidakadilan dalam penyebaran vaksin. Maka, virus itu akan terus mengintai di berbagai pelosok dunia. Termasuk ke semua negara miskin di dunia. (mat) 

Loading...