3 Warga Lingga Masuk Status ODP

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Di tengah penerapan blocking wilayah, tiga warga Lingga diketahui berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal ini dilaporkan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga.

Jumlah tersebut terjadi pada tanggal 1 April 2020. Tim sendiri melaporkan kondisi di Lingga secara berkala.

Hingga 1 April, seperti dilansir suarasiber dari kabarbatam.com, Lingga menunjukkan jumlah kasus sebagai berikut :

  • Jumlah warga positif Covid-19 : 0
  • Jumlah warga meninggal Covid-19 : 0
  • Jumlah warga sembuh : 0
  • Jumlah warga berstatus ODP : 3
  • Jumlah warga bestatus PDP : 0

Hal tersebut juga dibenarkan Wirawan Trisna Putra Juru Bicara Dinas Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga.

“Sesuai dengan siaran pers, hasil laporan kasus secara akumulatif hingga hari ini 3 ODP,” ungkap Wirawan saat dikonfirmasi, Rabu (1/4/2020).

Meski telah diputuskan Kabupaten Lingga Bloking Area berupa penghentian operasi kapal penumpang, hanya kapal kargo dan Roro dan bandara yang beroperasi, namyn tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga terus melakukan upaya pemantauan.

Kegiatan Surveilans Covid-19 (Pengumpulan, Pecatatan, Analisa Data, Pemantauan Penyebaran, Pengamatan dan deteksi dini dilakukan secara terus menerus) pada wilayah kerja 12 Puskesmas se-Kabupaten Lingga.

Pihak terkait juga menjelaskan terkait protokoler kesehatan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilakukan dengan isolasi mandiri, formulir pemantauan harian, edukasi promosi kesehatan oleh petugas kesehatan wilayah setempat selama 14 hari berturut-turut.

Petugas secara ketat memantau kondisi kesehatan (Suhu Tubuh, Batuk, Sesak Nafas, Pneumonia ringan/berat) sampai dengan dinyatakan sehat selesai dalam pemantauan dengan pemberian surat keterangan selesai dalam pemantauan.

“Mari kita dukung dan motivasi saling menguatkan,” ajak Wirawan. (mat)

Loading...