Tiga Pasien Terjangkit Virus Corona Dinyatakan Sembuh

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Tiga pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 dan sempat dirawat di RSUP Persahabatan, dinyatakan sembuh.

Ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang sekaligus juru bicara penanganan covid-19 dr. Achmad Yurianto.

Keyakinan ini diperoleh setelah pihaknya berdiskusi dengan tim dokter yang memeriksa dan disaksikan oleh Menteri Kesehatan.

”Ada 3 pasein yang secara klinis sudah membaik, tidak ada keluhan sama sekali. Secara laboratorium dua kali kita lakukan pemeriksaan hasilnya negatif, maka dinyatakan 3 pasien ini sembuh dan tidak dibutuhkan perawatan,” kata Yuri dalam konferensi pers di RSUP Persahabatan, Kamis sore (12/3/2020).

Ketiga pasien tersebut adalah pasien 06, pasien 14 dan pasien 19.

Sebelum dipulangkan, mereka telah dibekali pengetahuan tentang self isolated serta edukasi untuk terus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik.

”Kita tetap memberikan edukasi kepada ketiga pasien ini bahwa setelah kembali ke keluarganya tetap harus melakukan pembatasan diri sementara,” terangnya.

Selain itu, Yuri melanjutkan bahwa dalam mekanisme pemulangan ketiganya akan diberikan surat rujuk balik yang ditujukkan kepada puskesmas dimana yang bersangkutan tinggal.

”Ini sebagai bagian dari sistem monitoring apabila nanti dibutuhkan oleh pasien dan apabila ada kepentingan Puskesmas untuk melakukannya,” kata Yuri.

Pihaknya berharap dalam waktu dekat akan menyusul lagi pasien yang sembuh dari covid-19. Pasalnya, sudah ada 2 pasien yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso hasil pemeriksaan laboratoriumnya negatif. (mat)

Loading...