Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul di Blog

Loading...

Mendaftarkan Adsense dan diterima tentu harapan banyak pemilik portal, website juga blogger. Karena dari program inilah mereka bisa berharap mendapatkan penghasilan per bulan.

Namun ada kala muncul sesuatu yang tidak diharapkan. Salah satunya ialah mengapa iklan adsense tidak muncul di halaman portal atau blog. Persoalan ini pun memaksa para blogger mengira-ira apakah ada yang salah dan bagaimana nasib gaji mereka?

Iklan yang tidak muncul ini terjadi saat dibuka menggunakan PC, lapotp maupun ponsel. Sehingga dipastikan memang iklan adsense tersebut tidak nongol dan tak bisa dilihat oleh siapa saja, baik blogger atau orang lain yang tengah mengakses halamannya.

Penyebab Iklan Adsense Tak Tampil

Nah, ada beberapa hal yang memungkinkan menyebabkan tidak munculnya iklan tersebut.

Penggantian Template

Suatu ketika, Anda mungkin bosan dengan template yang sudah digunakan selama ini. Bermaksud memperbarui atau membuatnya lebih indah menurut Anda, yang dilakukan ialah mengganti template.

Namun tahukah Anda bahwa tindakan mengganti template sama saja dengan mengubah tampilan layout atau tata letak website Anda. Dan itu menyangkut segi bentuk atau pewarnaan. Mengubah atau mengganti template sama saja artinya dengan mengganti struktur web atau portal.

Seperti diketahui, Google sangat ketat termasuk syarat yang harus dipenuhi. Susunan letak template pun diperhatikan. Perhatikan, walaupun Anda sudah memiliki Google Adsense non hosted ketika melakukan ganti template, Google tahu akan hal ini dan melihat struktur template yang baru dalam blog atau website Anda.

Ketika template yang baru Anda gunakan itu bagus, nggak ada masalah. Namun ketika template baru tidak lebih baik dari yang diganti, maka dapat menyebabkan iklan di muncul di postingan artikel.

Sedikit saran, lebih bijaksana jika Anda mengganti template baik WordPress atau Blogspot ketika sudah melakukan verifikasi PIN yang dikirimkan Google.

Lupa Pasang File Ads.txt

Seingat saya (kalau nggak salah) pada bulan Juli 2019 Google mengeluarkan algoritma yang menetapkan bahwa blog yang mempunyai iklan non hosted harus memiliki file dengan nama ads.txt yang berisi kode iklan adsense.

Namun, biasanya ketika anda belum memasang ads.txt akan ada peringatannya di dashboard Google Adsense untuk meminta Anda harus melakukan penambahan tersebut.

Keliru Mengatur Ads Balance

Ads balance merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk melakukan penyaringan iklan terhadap untuk situs Anda. Dengan begitu iklan yang tampil sesuai dengan topik pada blog yang Anda kelola.

Memang Adsense memperbolehkan Anda mengatur slidernya yang bisa diakses di halaman Google Adsense, namun menggesar alider di angka yang berlebihan akan membuat iklan Adsense bisa tidak muncul.

Berdasarkan pengalaman, bahwa kemungkinan terbaik nilai yang diterapkan pada Ads Balance yaitu 70% – 75%. Tetapi kalau Anda ingin mencoba berekesperimen dengan mengatunra di berbagai angka silakan saja.

Gatal Otak-atik Unit Iklan

Google Adsense memang menyediakan beberapa pilihan unit iklan dan bentuknya. Kesalahan yang sering terjadi dilakukan oleh seorang blogger yaitu sering mengganti unit iklan adsense.

Alasan mengganti unit iklan biasanya karena nilai CPC nya terlalu kecil dan menginginkan mendapatkan iklan dengan CPC lebih besar. Menurut saya pasti semua blogger pernah melakukannya, namun jangan terlalu sering. Bahkan kalau terlalu sering bisa-bisa Adsense mengambil tindakan tegas. Anda akan menyesal.

Daripada mengotak-atik unit iklan sesering mood, mengapa tak memilih cara lain misalnya menerbitkan artikel berkualitas untuk mendatangkan banyak visistor untuk blog atau web Anda?

Mengklik Iklan Sendiri

Melakukan klik terhadapo iklan sendiri itu sama aja melakukan kesalahan yang sangat fatal. Benar, itu sebuah kesalahan yang fatal. Perhatikan ini, salah satu aturan dari Google menjelaskan bahwa pemiliki akun Adsense tidak boleh mengklik iklannya sendiri.

Namun Adsense baik kok, ada keringanan ketika Anda tidak sengaja melakukan klik iklan sendiri. Silakan saja melakukan banding dan Google akan mempertimbangkannya. Berdoa saja hehe.

Lalu ada yang menggunakan cara pinter misalnya mengubah IP ke negara lain atau meminta tolong orang lain. Tetapi ini menurut saya hanya sementara, karena Google pada akhirnya juga akan tahu apa yang Anda lakukan.

Salah Pasang Kode

Kesalahan memasang kode dapat menyebabkan iklan Adsense tidak tampil. Sebenarnya kode yang diberikan oleh Google Adsense merupakan kode javascript. Kesalahan pemasangan akan membuat unit iklan akan ogah muncul di halaman Anda.

Jangan juga kemudian Anda mencoba meminta unit iklan orang lain lalu asal saja menempelkannya di blog Anda. Jika memang telah ada kerja sama terkait hal ini boleh saja, namun pasti ada komunikasi dan penyesuaikan agar blog Anda bisa menerima kode iklan publisher lainnya.

itulah beberapa hal yang memungkinkan iklan Adsense Anda tidak muncul di halaman blog. Semoga bermanfaat. (man)

Loading...