Pemerintah Siapkan Aplikasi Belajar di Rumah Gratis, Berikut Daftarnya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memahami kebijakan penghentian aktivitas bersekolah yang diambil Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Hal ini dilakukan setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua kementerian, lembaga, dan Pemda.

Bekerja sama dengan pihak swasta, Kemdikbud mengembangkan berbagai aplikasi yang bisa digunakan secara gratis oleh para siswa yang belajar di rumah. Beberapa aplikasi tersebut ialah:

  • Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id
  • Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/
  • Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id
  • Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office
  • Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/
  • Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com
  • Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas
  • Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

“Kami siap dukung kebijakan yang diambil Pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama,” dijelaskan Mendikbud di Jakarta, Sabtu (14/3/2020), seperti dilansir suarasiber.com dari kemdikbud.go.id.

Mendikbud mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta. Pihaknya mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Fitur unggulannya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya dan Bank Soal.

Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Loading...