Kembali dari Malaysia, 1 Orang Warga Tanjungpinang Terjangkit Virus Corona

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jumlah pasien positif corona di Kota Tanjungpinang bertambah 1 orang lagi. Dengan demikian saat ini ada 2 warga Kota Tanjungpinang, yang positif covid-19.

Pasien covid-19 ini atas nama Nz (56), berjenis kelamin pria. Dan, sempat mengadakan perjalanan ke Petaling, Malaysia.

Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam, dalam rilisnya, Sabtu (27/3/2020). Rustam tidak merinci alamat korban dan dalam rangka kegiatan apa ke Petaling, Malaysia bersama rombongan.

Dalam penelusuruan suarasiber.com, di Petaling, Malaysia digelar kegiatan akbar sekitar tanggal 1 Maret 2020, yang diikuti belasan ribu warga Malaysia. Dan, sekitar 1.500-an warga dari luar Malaysia. Seperti Singapura, Indonesia, Brunei dan lainnya.

Setelah acara tersebut, pemerintah Malaysia, Singapura dan Brunei merilis adanya warganya yang terpapar covid-19. Setelah, kembali dari acara tersebut.

Kronologi Korban Covid-19 Tanjungpinang

a. Laporan konfirmasi positif Covid-19 sampel Pasien Dalam Pengawasan (DPD) atas nama Nz (56) pria, asal RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Kota Tanjungpinang dari BTKL Jakarta.

b. Nz, berangkat ke Malaysia, Minggu (1/3/2020) dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang bersama rombongan sebanyak 10 orang. Dengan rincian sebagai berikut, SA (asal Tarempa, Anambas), SJ dan Hj (asal Pekanbaru). Kemudian, Mt, Aa, Ah, Sy, Sn dan Ij.

c. Dari Tanjungpinang, Indonesia mereka berangkat Sri Petaling dan Batu pahat Malaysia dalam rangka mengikuti suatu kegiatan.

d. Rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura, tanggal 13 Maret 2020 dan langsung menuju salah satu tempat. Rombongan menginap di sana selama 1 hari.

Kemudian melanjutkan ke tempat lain selama 3 hari. Setelah itu kembali lagi ke tempat awal, tanggal 17 Maret 2020

e. Pada, Selasa, 17 Maret 2020, yang bersangkutan mengeluh demam, batuk, pilek, nyeri otot dan badan terasa sakit serta mengalami mimisan .

f. Pada, Rabu tanggal 18 Maret 2020, yang bersangkutan berobat ke dokter praktek Mlnandiri (Dr. An). Setelah itu pulang dan istirahat.

Namun kesehatannya tidak mengalami perbaikan. Nz mengalami penurunan kesehatan dan akan dirujuk ke RSUD RAT Tanjungpinang.

Namun yang bersangkutan mangkir dan tidak dapat dilacak. Sehingga gagal dibawa ke RSUD RAT pada hari itu

g. Setelah itu, (19/3/2020) sekitar pukul 21.00, Nz dirujuk ke RSUD RAT oleh tim dari Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Tanjungpinang.

h. Jumat (20/3/2020) dilakukan pengambilan swab dan darah. Untuk dilakukan pemeriksaan Covid-19 oleh tim BTKL Batam dan petugas Dinas Kesehatan PP dan KB Tanjungpinang di RSUD RAT.

i. Seminggu kemudian atau Jumat (27/3/2020), diterima hasil pemeriksaan sampel dari Balitbangkes RI melalui BTKL PP. Dengan kesimpulan terkonfirmasi hasil positif

j. Kontak tracing terhadap semua orang yang ditengarai telah kontak dengan yang bersangkutan telah dilakukan. Termasuk, seluruh keluarga dan sebagian telah dilakukan pemeriksaan sampel. (mat)

Loading...