Hari Ini, 9 Maret adalah Hari Musik Nasional

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Hari ini, 9 Maret 2020 adalah Hari Musik Nasional. Tanggal dijadikannya hari musik ialah tanggal kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya, 9 Maret 1903, WR Soepratman.

Peringatan Hari Musik Nasional kali pertama dilakukan pada 9 Maret 2013 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. Dalam Keppres itu disebutkan pula bahwa peringatan Hari Musik Nasional bukan hari libur nasional.

Dalam Keppres juga dijelaskan, musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multi dimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Dibaca dari Wikipedia, pemerintah memandang perlu menetapkan Hari Musik Nasional dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional dan internasional.

Tujuan dari peringatan Hari Musik nasional adalah mengupayakan peningkatan apresiasi terhadap musik Indonesia. Meskipun baru dicanangkab pada 2013, sebenarnya usulan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPPRI) itu sudah bergaung sejak era Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai presiden, tahun 2003 melalui kongresnya yang ketiga tahun 1998 dan kongres keempat tahun 2002. Namun, baru terwujud satu dasawarsa kemudian.

Pada Hari Musik Nasional 2020 ini, Performers Right Society of Indonesia ( Prisindo) mendistribusikan royalti tahunan kepada lebih dari 300 musisi dan penyanyi.

Para peneri,ma royalti itu diantaranya Iwan Fals, Raisa, Ungu, KotaK, Payung Teduh, Didi Kempot, Geisha, Via Vallen, The Changcuters, Maudy Ayunda dan artis lain yang menjadi anggota Prisindo.

Unggahan cukup menarik dilakukan oleh Instagram Kementerian Koperasi dan UKM, yang menampilkan foto formasi lengkap Elek Yo Band, yang merupakan band yang anggotanya adalah para menteri Indonesia Maju. (mat)

Loading...