Bantu Pantau Program Bedan Rumah dengan e-BSPS

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki program bedah rumah yang disebut Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di seluruh Indonesia. Selama ini proses dan tahapannya memakan waktu yang cukup lama.

Namun hal tersebut dipangkas dengan diluncurkannya e-BSPS. Proses fasilitasi BSPS pun kini bisa dilakukan lebih cepat.

Dilansir dari Instagram Kementarian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sebelumnya fasilitator harus mewawancara calon penerima bantuan.

Selanjutnya para pewawancara mengarsipkan berkas para pendaftar diwaktu yang berbeda. Kemudian data tersebut dimasukkan ke form di excel secara manual oleh fasilitator.

Setelah wawancara selesai dan input form selesai, baru dapat dilakukan validasi. Tahap ini sangat memakan waktu yang panjang belum termasuk seleksi dan pengumumannya.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang semua bisa lebih mudah. Melalui e-BSPS fasilitator tinggal mengisi formulir di aplikasi selama wawancara. Setelah wawancara selesai, form tinggal di submit untuk validasi. Jadi tidak perlu tunggu menunggu lagi.

Aplikasi e-BSPS ini memiliki beberapa fungsi yang dapat menunjang pelaksanaan BSPS, termasuk verifikasi Calon Penerima Bantuan (CPB) dan monitoring proses penyiapan masyarakat yang berupa sosialisasi/penyuluhan, rembug pembentukan CPB, identifikasi tukang dan rembug toko.

Selain itu, e-BSPS ini juga dapat digunakan untuk memantau penyusunan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan Laporan Penggunaan Dana (LPD) agar lebih transparan.

Kerennya lagi, aplikasi ini juga akan lebih sistematis karena diawasi oleh Tim Teknis di tingkat Kabupaten/kota. Aplikasi ini telah melalui tahap uji coba di 9 kabupaten/Kota pada tahun 2019 lalu dan sekarang sudah bisa diunduh di PlayStore. (man)

Loading...