Ansar: Oktober 2020 Program Bansos ke Kepri dari Pusat Selesai

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Anggota Komisi V DPR RI dari daerah pemilihan wilayah Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad SE MM, mengatakan pihaknya terus memperjuangkan bantuan sosial dari pusat bagi masyarakat kurang mampu di Kepulauan Riau.

Untuk tahun 2020 ini ditargetkan bulan Oktober seluruh bantuan sosial sudah selesai disalurkan.

Hal tersebut disampaikan Ansar Ahmad, saat menggelar reses di Desa Kelong Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Minggu (8/3/2020).

“Saya sudah koordinasi dengan Kementerian PU dan Kementerian Perhubungan di Jakarta. Bantuan sosial akan dimulai bulan depan (April). Insya Allah Oktober 2020 selesai,” ujar Ansar Ahmad.

Bantuan sosial yang diperjuangkan ke masyarakat Kepulauan Riau, kata Ansar, dalam bentuk empat program.

Di antaranya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI).

Dijelaskannya, untuk program BSPS ada 1000 rumah yang tidak layak huni di Kepri yang akan mendapat bantuan. Seribu unit RTLH ini tersebar di Bintan sebanyak 712 unit, Kabupaten Lingga 93 unit dan Karimun sebanyak 210 dengan anggaran rehab per rumah senilai Rp 17,5 juta.

Untuk program KOTAKU, beberapa daerah yang akan mendapat bantuan. Di antaranya Kabupaten Bintan dua titik yang berlokasi di Bintan Timur dan Teluk Bintan. Natuna di wilayah Kecamatan Bunguran Timur. Dan, Kabupaten Lingga di Daik Lingga serta Lingga Utara.

Sementara program PISEW di Kepri disebar di 10 titik yang meliputi Kabupaten Bintan sebanyak 7 titik yakni di kecamatan Seri Kuala Lobam, Teluk Sebong, Teluk Bintan, Gunung Kijang, Toapaya, Bintan Pesisir dan Mantang. Dan, yang tiga titik lagi di Kabupaten Karimun yang akan dilaksanakan di Durai, Kundur dan Kundur Barat.

Selain ketiga program di atas, Ansar Ahmad juga memperjuangkan P3TGAI yang di Kepulauan Riau dipusatkan di Natuna, Anambas dan Lingga.

“Karena ketiga daerah ini yang ada sarana irigasi yang perlu perhatian serius,” jelas Ansar.

Ansar berharap seluruh program tersebut nantinya berdaya multiguna dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita perjuangkan semampu kita. Tapi sejauh ini pusat respek dengan apa yg kita perjuangkan untuk masyarakat Kepulauan Riau,” tutupnya. (mat)

Loading...