Batu Kacang Wakili Kepri ke Desa Aman Pangan Nasional

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Tim dari BPOM RI berkunjung ke Desa Batu Kacang, Kabupaten Lingga, Kepri untuk verifikasi terpilihnya desa ini mewakili Kepri dalam lomba Desa Aman Pangan Tingkat Nasional.

Perwakilan Ketua BPOM RI, Ruki Fanaike STP MSi mengatakan, penilaian akan deilakukan dengan mengecek praktik pangan rumah tangga dan UKM di Desa Batu Kacang.

“Desa Aman pangan merupakan apresiasi pemerintah terhadap program Pemberdayaan Masyarakat melalui BPOM sebagai upaya turut serta menjaga ketahanan pangan,” ujarnya, 5 Januari lalu.

Keamanan pangan, lanjut Ruki, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga masyarakat. Masyarakat harus berperan penting untuk menonsumsi pangan tersebut serta memilihnya mana yang aman.

Lomba ini telah dimulai sejak 2015 silam dan tahun ini pesertanya 29 desa dari 29 provinsi di Indonesia. Desa Batu Kacang sendiri masuk ke dalam 7 besar.

Kepala BPom Batam Yosef Dwi Irawan mengapresiasi dukungan pemerintah daerah terhadap program ini. Desa Batu Kacang juga diharapkan memacu desa lainnya.

Wakil Bupati Lingga M Nizar berterima kasih kepada BPOM yang memberikan kesempatan kepada Desa Batu Kacang untuk mengikuti lomba Desa Aman Pangan. Harapannya, Desa Batu Kacang masuk 3 besar nasional. (man)

Loading...