Alias Wello Kunjungi Batam Pos Tanjungpinang, Bahas Solusi Krisis Pariwisata Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Alias Wello, mengatakan wabah virus corona menjadi bencana bagi Kabupaten Bintan. Sekaligus, menjadi pelajaran. Agar, ke depannya tak lagi bergantung pada satu sektor saja.

“Jika terjadi musibah seperti ini (wabah virus corona, red), semua jadi susah. Apalagi, bagi Bintan yang menjadikan sektor pariwisata sebagai andalannya,” kata Alias Wello dalam perbincangan dengan Cipi Cikandina Kepala Perwakilan Batam Pos di Tanjungpinang, Kamis (13/2/2020).

Pelajaran yang bisa dipetik, ujar Alias Wello saat silaturahmi di Kantor Perwakilan Batam Pos di Jalan Pramuka Tanjungpinang, sektor wisata tetap jadi andalan. Namun, sektor lainnya tak boleh ditepikan.

Apalagi, Kabupaten Bintan punya potensi luar biasa di banyak sektor. Di antaranya, sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan.

Hal itu, ujar Alias Wello, juga sesuai dengan salah satu konsep nawacita Presiden Jokowi, yakni membangun dari pesisir. Kerja sama dengan Pemda sekitarnya juga harus dimaksimalkan.

Untuk sektor pariwisata, Alias Wello, menyarankan perlunya segera didiskusikan antara Pemda dengan pengusaha pariwisata. Dan, juga dengan pelaku usaha jasa wisata serta pihak-pihak terkait lainnya.

Menurut Alias Wello, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan, sebagai solusi tsunami pariwisata Bintan.

Misalnya, dengan menerbitkan kebijakan khusus, seperti kebijakan dispensasi terkait pajak resort dan perhotelan. Membantu meningkatkan promosi pariwisata di pasar domestik.

“Intinya ajak teman-teman stakehokder di pariwisata Kabupaten Bintan. Sebagai pelaku langsung tentu ada banyak kemugkinan solusi yang bisa dilakukan,” beber Alias Wello. (mat)

Loading...