Ngaku Milenial? Ini Keterampilan Literasi yang Wajib Kalian Kuasai

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Milenial adalah kata yang paling banyan dicari pada 2019 silam. Nah, kalian mengaku milenial dan kerap menggunakannya? Berikut adalah 6 keterampilan literasi yang wajib dikuasai.

Pertama, literasi baca tulis
Literasi baca tulis adalah kemampuan memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat. Kemampuan ini dibutuhkan saat menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan.

Kedua, literasi numerasi
Literasi numerasi merupakan kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, literasi sains
Literasi sains adalah kemampuan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. dengan literasi ini diharapkan kita dapat mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah untuk hidup lebih aman dan sehat.

Keempat, literasi finansial
Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko dan keterampilan dalam bidang finansial.

Kelima, literasi digital
Literasi digital penting banget dikuasai di zaman seperti sekarang ini. Literasi ini dibutuhkan untuk memeroleh/menyaring informasi yang tak terbendung datangnya.

Keenam, literasi budaya dan kewargaan
Yaitu kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mencakup kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku, bahasa, adat istiadat dan kepercayaan.

Nah, itulah enam literasi yang wajib kaum milenial ketahui. Informasi ini suarasiber lansir dari Instagram @kemdikbud.ri.

Instagram yang sama juga menuliskan apakah literasi itu. Literasi menurut KBBI yaitu kemampuan individu dalam mengolah suatu informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup; pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu dan penggunaan huruf untuk merepresentasikan bunyi atau kata. (mat)

Loading...