Musim Pancaroba, Jaga Daya Tahan Tubuh Anda

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Secara umum Indonesia mengalami masa pancaroba. Panas dan hujan silih berganti datang, menyebabkan daya tahan tubuh berkurang.

Di musim seperti ini, kondisi cuaca tidak dapat dipastikan. Tiba-tiba panas terik, lalu tiba-tiba dingin yang terasa begitu dingin. Daya tahan tubuh perlu dibekali beberapa hal agar mampu melewatinya. Apalagi jika Anda termasuk manusia yang memiliki segudang aktivitas.

Aktivitas di luar rumah mewajibkan Anda menjaga daya tahan tubuh lebih maksimal. Jika dianggap sepele, bisa mengurangi daya tahan tubuh yang berakibat rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Mengapa menjaga kondisi kesehatan sangat penting? Alasannya untuk menunjang seluruh aktivitas agar tetap produktif. Sejumlah gangguan yang mudah terjadi pada masa pancaroba ialah flu, sesak nafas, ganguuan pencernaan, dehidrasi dan panas dalam, demikian dilansir dari Instagram @ pgnlngindonesia.

Dituliskan juga di dalamnya, waspada sakit saat musim pancaroba datang, dengan kondisi yang cepat berubah terlalu dingin atau panas bisa menurunkan daya tahan tubuh dan membuat rentan terhadap berbagai penyakit.

Menjaga kondisi dan kesehatan tubuh sangat penting untuk menunjang seluruh aktivitas agar tetap produktif. Dengan menjaga pola makan, asupan vitamin dan istirahat yang cukup sangat membantu untuk memulihkan kondisi kesehatan tubuh. Yuk, jaga kesehatan.

Berikut tips menjaga kesehatan di musim pancaroba:

Menjaga Pola Makan
Mereka yang menjaga pola makannya secara teratur cenderung memiliki dayab tahan tubuh yang lebih baik ketimbang yang seenaknya.

Ada manusia yang makan ketika benar-benar lapar. Ia akan santai saja tidak makan pada jamnya hanya karena sudah memakan sesuatu yang sebenarnya tak bisa disebut pengganti makanan.

Istirahat yang Cukup
Ini adalah kalimat yang mudah dituliskan namun pada kenyataannya bagi banyak orang sangat sulit untuk dilaksanakan. Apalagi di zaman serba instan seperti sekarang.

Tayangan televisi bisa dipilih sesuka hati, ada lagi TV internet atau TV kabel. Begitu banyak saluran. Belum lagi smartphone. Bahkan di atas kamar tidur pun bukan istirahat, main ponsel atau nonton tayangan keseyangan sampai drop.

Siapkan Pelindung
Pelindung di sini ada dua hal. Pertama pelindung ketika harus keluar rumah. Benda-benda seperti payung dan jas hujan jangan sampai lupa.

Memang agak ribet mengendarai sepeda motor dengan mantel di sekujur tubuh. Namun hal itu lebih baik daripada Anda jatuh sakit sementara tugas di tempat kerja masih banyak yang harus diselesaikan.

Baca Juga:

Isdianto Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Kapolres Ajak Menjaga Kesehatan dan Cinta Negeri

Bantal Kesehatan, Jenis, Manfaat dan Harganya

Pelindung lainnya ialah suplemen yang dibutuhkan untuk membantu menjada daya tahan tubuh tetap bugar.

Jaga Kesehatan
Bukan hanya makan dengan pola teratur, pernah Anda melihat jika di samping rumah Anda ada banyak sampah atau genangan air? Itu juga membutuhkan tindakan agar semuanya bersih.

Cuci tangan juga penting. Tempat pribadi seperti kamar mandi harus sering-sering dicek. Jangan sampai menjadi tempat berkembangnya sumber penyakit yang pada gilirannya akan merepotkan Anda.

Asupan Vitamin C
Vitamin C dapat membantu menjaga agar tubuh tetap fit. Untuk mendapatkan khasiatn vitamin C ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Mengonsumsi jeruk segar misalnya. Kalau tidak doyan jeruk segar ada sirup jeruk. Kalau tak mau juga ada banyak supklemen vitamin C yang bisa dibeli di apotek. Konsultasilah dahulu dengan dokter kira-kira suplemen apa yang bisa Anda gunakan. ***

Loading...