Hoax, Bawang Putih Sembuhkan Korban Novel Coronavirus

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bawang putih diinformasikan di media sosial mampu menyembuhkan korban novel coronavirus atau virus corona. Informasi itu dipastikan hoax atau tidak benar.

Kepastian info itu hoax disampaikan Polri melalui akun Instagram @divisihumaspolri, Rabu (29/1/2020).

Dinyatakan Polri, menurut ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang teruji bisa menghalau coronavirus.

Selain itu, ditegaskan juga oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu, bahwa belum ada vaksin maupun obat untuk virus corona strain baru ini.

Larangan Terbang dari dan ke Wuhan

Sementara itu, sebagai langkah awal pengamanan sekaligus untuk mencegah masuknya Novel Coronavirus ke Indonesia, Kementerian Perhubungan telah memberlakukan larangan penerbangan dari dan ke Wuhan, Tiongkok.

Kota yang diduga kuat sebagai tempat awal ditemukannya kasus pneumonia berat, akibat terjangkit Novel Coronavirus.

Tidak hanya itu, melalui kerja sama Kementerian Kesehatan, sebanyak 195 thermal scanner telah diaktifkan di 135 pintu masuk kedatangan internasional. Baik di bandara maupun pelabuhan guna mendeteksi potensi virus korona jenis baru tersebut.

“Yang penting adalah kita harus meningkatkan kewaspadaan setinggi-tingginya, melakukan antisipasi dan pencegahan.

Sehingga Indonesia betul-betul bisa terhindar dari wabah yang bisa berbahaya ini. Tapi kita juga perlu bersiap-siap kalau memang harus terjadi,” tukas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy seperti dirilis situs resmi kominfo.

WNI di Hubei Dikarantina

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, saat ini sebanyak 243 WNI tengah berada di 15 titik karantina di Provinsi Hubai, Tiongkok. 100 diantaranya di Wuhan terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu negara yaitu mahasiswa dari luar Wuhan, profesor dan istri ekspatriat.

Kendati dinyatakan aman dan negatif terjangkit Novel Coronavirus, namun negara tetap akan memastikan keamanan dan keselamatan para WNI tersebut.

Bahkan, Kemenlu sudah menyiapkan skema evakuasi apabila kondisinya dibutuhkan atau sudah dinyatakan status darurat 1. (mat)

Loading...