China Klaim Laut Natuna Utara, Susi Pudjiastuti: Tangkap dan Tenggelamkan!

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Klaim China atas wilayah Laut Natuna Utara, membuat berang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Menurut Susi, armada kapal ikan China yang dikawal coast guard pemerintah Republik Rakyat China (RRC) bisa langsung ditangkap dan ditenggelamkan.

Pernyataan Susi disampaikannya melalui akun Twitter @susipudjiastuti, Jumat (3/1/2020).

“KKP bisa minta & perintahkan untk tangkap dan tenggelamkan dg UU Perikanan no 45 thn 2009… jangan beri opsi lain. Laut Natuna Diklaim China, TNI Tingkatkan Kesiagaan – Halaman 2.”

Di Jakarta, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, melaksanakan pengendalian operasi gabungan TNI, terkait dengan adanya pelanggaraan di wilayah perairan Laut Natuna Utara.

Sebelum bertolak dari Lanud Halim PK menuju Natuna, Yudo, menyampaikan bahwa operasi ini dilaksanakan oleh Koarmada I dan Koopsau I. Sebagaimana dirilis suarasiber.com dari portal tni.mil.id, Jumat (3/1/2020).

Saat ini, alat utama sistem senjata (Alutsista) yang sudah tergelar yaitu 3 (tiga) KRI, 1 (satu) pesawat intai maritim dan 1 (satu) pesawat Boeing TNI AU. Sedangkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna, Jumat (3/1/2020).

Operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut. Khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Laut Natuna Utara.

Operasi ini, merupakan salah satu dari 18 operasi. Yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. (mat)

Loading...