Yuk Mengenal Apa Itu Ease of Doing Business

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – World Bank melakukan survei secara berkala di 109 negara untuk menilai kemudahan berbisnis. Tujuannya ialah menarik investasi. Di sini ada istilah yang disebut Ease of Doing Business atau EoDB.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan EoDB tadi?

Nah salah satu indikator yang dinilai dalam EoDB adalah “Getting Electricity” atau kemudahan mendapatkan listrik. Demikian dikutip suarasiber dari Instagram @pln_id, Kamis (12/12/2019).

Pada 2019, peringkat kemudahan mendapatkan listrik di Indonesia berada di posisi 33. Sejak berada di posisi 101 pada 2014, posisi Indonesia semakin membaik.

EoDB World Bank
Foto – Instagram.com/pln_id

Ini karena adanya inovasi yang terus dilakukan oleh PLN, antara lain menyederhanakan tahap pelayanan dan menerapkan Layanan Satu Pintu. Masyarakat dapat memasang instalasi listrik sekaligus mendapat Sertifikat Laik Operasi (SLO) secara bersamaan.

Secara umum, EoDB di Indonesia pada tahun 2019 seperti dirilis Bank Dunia pada 24 Oktober 2019 lalu ada di peringkat ke – 73.

Pada indikator Getting Electricity, Bank Dunia menyebut di Surabaya, akses listrik telah mengalami kemajuan dengan peningkatan keandalan pasokan listrik menyusul perbaikan dan pemiliharaan jaringan listrik.

Kota Surabaya juga telah memiliki koneksi listrik baru yang lebih cepat. Hal ini bisa dilaksanakanberkat kapasitas pembangkit yang lebih tinggi. (man)

Loading...