Lingga Jual Udang Vanamei ke Medan

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Belasan ton udang vanamei dipanen dari tambak udang di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, Senin (23/12/2019).

Tambak ini, dikelola Koperasi Serba Usaha (KSU) Tunas Garda Terbilang. Dan, disupervisi oleh ahli budidaya perikanan Dr Romi Novriadi, alumni S3 dari Amerika Serikat.

Panen dilakukan sekitar 3 bulan setelah penaburan benih, per satu kilogram berjumlah 50 ekor – 60 ekor. Dan, dengan harga jual sekitar Rp50 ribu – Rp60 ribu per Kg.

Pembeli udang vanamei datang langsung ke lokasi tambak saat panen. Dan, kemudian langsung mengapalkannya ke Medan. Setelah dimasukkan ke freezer.

β€œIni baru dari tambak percontohan yang dikelola koperasi, hasilnya alhamdulillah. Jika dari tambak yang 836 Ha, yang sedang dikerjakan tentu hasilnya jauh lebih banyak,” kata Alias Wello (AWe) Bupati Lingga, di sela panen udang itu.

Panen tersebut, ujar AWe, sekaligus jadi wujud komitmen Pemkab Lingga serius mengelola perikanan. Juga menjadi bukti potensi Kabupaten Lingga, untuk bisnis tambak.

AWe yang ikut terjun ke tambak dan berlumuran lumpur tampak semringah dan optimis. Investor tambak udang akan semakin banyak datang berinvestasi di Lingga.

Saat ini sudah ada investasi tambak udang di Pulau Singkep dengan luas 836 Ha. Nilai investasi sekitar Rp1,3 triliun. Dan, pembukaan lahan tambaknya tengah dilaksanakan di Pulau Singkep. (mat)

Loading...