Kiat Membentuk Karakter Anak

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bunda sedang mencari artikel tips atau kiat untuk membentuk karakter anak? Sebuah keterangan singkat diunggah oleh Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenao topik tersebut.

Dobaca suarasiber.com dari @kemdikbud.ri, beberapa hal berikut bisa BUnda terapkan untuk putera-puteri dengan harapan terbentuk karekter mereka.

Pertama, memberikan penghargaan saat anak melakukan hal positif. Ini bukan hal yang susah jika BUnda mau melakukannya. Penghargaan kan bukan hanya materi, bisa ucapan selamat dan sebagainya.

Kedua, tak pernah jenuh untuk mengingatkan anak agar berbuat kebaikan. Sekali dua kali mungkin si anak tak peduli atau tak mau melakukannya. Namun dengan kesabaran Bunda bisa pelan-pelan mulai mengajari anak.

Ketiga, sentuhlah anak setiap hari. Nah ini yang kerap Bunda lakukan, apalagi yang benar-benar sibuk kerja. Sebaiknya, Bunda tetap melakukan hal ini meski sesibuk apapun itu. INgat bunda, bukan seminggu sekali ya.

Keempat, memberikan penjelasan secara santun saat anak melakukan kesalahan. Saat menghadapi situasi di mana anak melakukan kesalahan, Bunda harus bisa mengesampingkan kemarahan akibat persoalan lain.

Usahakan untuk tidak memberikan penjelasan saat Bunda tengah berapi-api karena ada masalah lain.

Demikian kiat membentuk karakter anak, semoga bermanfaat. (mat)

Loading...