Kemenparekraf Luncurkan 200 Event Wisata Kepri 2020

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Kepulauan Riau (Kepri) menjadi provinsi pertama di Tanah Air, yang meluncurkan Calendar of Event Pariwisata tahun 2020, Kamis (5/12/2019) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta.

Ada sekitar 200 event yang diluncurkan. Lima diantaranya berskala nasional. Seperti, Tour de Bintan, Iron Man 70.3, Bintan Triathlon, Festival Pulau Penyengat dan Kenduri Seni Melayu.

Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf menyatakan pihaknya sangat mendukung pariwisata Kepri. Karena itu, Kepri merupakan provinsi pertama yang meluncurkan COE untuk 2020.

Kepri menjadi prioritas, ujarnya, karena berbatasan langsung dengan negara lain. Tentunya diharapkan dapat menarik wisatawan masuk ke Indonesia.

Rizki menyampaikan bahwa isu utamanya, adalah bagaimana menjadikan wisatawan tinggal lebih lama di Kepri. Jangan hanya pergi pagi pulang malam. Kementerian juga terus menerus memromosikan event wisata di Kepri.

Plt Gubkepri H Isdianto, menyampaikan apresiasi ke Kemenparekraf. Menurutnya, Kepri terus mengupayakan agar wisatawan lebih lama tinggal di Kepri.

“Tahun ini, rata-rata wisatawan berkunjung di Kepri 2,1 hari. Ke depan jadi 3-4 hari. Sehingga devisa semakin meningkat,” ucapnya.

Sementara Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar, mengatakan sampai Oktober 2019, jumlah kunjungan wisman ke Kepri sekitar 2,3 juta orang. Dan, ditargetkan jadi 3 juta orang di akhir 2019. (mat)

Loading...