Kebun Kopi Kalisegoro Jual Kopi Robusta ke Eropa

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jual kopi robusta ke luar negeri, itulah yang berhasil dilakukan Kebun Kopi Kalisegoro di Banyuwangi, Jawa Timur, awal Desebar 2019 lalu. Kopi yang diekspor jenisnya robusta.

Pasar yang ditembus ialah Eropa. Rinciannya, dari 378 ton kopi yang dikirimkan, 86 persennya untuk Italia. Sisanya untuk permintaan ke Jepang dan Inggris.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko yang hadir di Perkebunan Kopi Kalisegoro marasa bangga.

“Menurut saya sangat bagus sekali. Ini ekspor yang dilakukan perkebunan yang ada di Banyuwangi. Semoga bisa ditingkatkan dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Banyuwangi. Ini yang paling penting,” kata Yusuf, seperti dikutip dari ptpn12.com, Jumat (13/12/2019).

Sementara itu Manajer Kebun Kaliselogiri, Benny Hendricrianto menjelaskan, Kebun Kaliselogiri yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII selama ini rutin mengekspor kopi.

Tahun lalu, hasil kopi kebun ini dikirimkan ke Italia, Inggris, Jepang dan Swiss.

Ia optimis jumlah ekspor ke depan bisa lebih ditingkatkan menjadi satu ton per hektare. Saat ini baru 800 kilogram per hektare. Syaratnya ada pengairan yang cukup.

jual kopi robusta
Kopi robusta saat masih ada di tangkainya. Foto – ptpn12.com

Masih dari laman ptpn12.com, bisa jual kopri robusta ke luar negeri merupakan kerja keras dan upaya semua yang ada di perkebunan. Dari sejarahnya, robusta berasal dari robust yang berarti kuat. Ini sesuai dengan postur atau tingkat kekentalannya.

Kopi robusta juga bukan merupakan spesies karena jenis ini turunan dari spesies Coffea canephora. Ia dapat tumbuh di dataran rendah, namun lokasi paling baik untuk membudidayakan tanaman ini pada ketinggian 400-800 meter dpl.

Suhu optimal pertumbuhan kopi robusta berkisar 24-30oC dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun.

Kopi robusta sangat cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Dengan budidaya intensif akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Agar berbuah dengan baik, tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan.

Tanaman kopi robusta menghendaki tanah yang gembur dan kaya bahan organik. Tingkat keasaman tanah (pH) yang ideal untuk tanaman ini 5,5-6,5. Kopi robusta dianjurkan dibudidayakan dibawah naungan pohon lain.

Loading...