Haul Syekh Syahbuddin Albanjari di Pulau Penyengat, Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyambut baik kedatangan para ulama besar dari Banjarmasin, Samarinda, Malaysia dan Singapura ke Tanjungpinang.

Isdianto juga berharap kedatangan mereka semuanya membawa keberkahan dan kedamaian bagi Kepulauan Riau. Para ulama ini datang untuk melakukan Haul Syekh Syahbuddin Albanjari.

“Selamat datang di Kepri kepada para ulama. Mari terus kita bangun kebersamaan ini dan terus kita merajut tali silaturahmi sehingga kehidupan kelak di kemudian hari akan lebih indah dan sempurna,” kata Isdianto di Gedung Daerah, Selasa (24/12/2019) malam.

Turut hadir pada kesempatan ini Sekretaris Dearah Provinsi Kepi H. TS. Arif Fadillah, Staf Ahli Gubernur Eko Sumbaryadi dan Mariyani Ekowati, Kepala BP2RD Provinsi Kepri Reni Yusneli, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Kepri Misni, Kepala Biro Kesra Provinsi Kepri Aiyub serta perwakilan ulama Provinsi Kperi dan Tanjungpinang.

Kegiatan seperti ini menurut Isdianto adalah bentuk rasa syukur dari semua elemen masyarakat terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu sebagai umat yang beriman sudah sepatutnya nikmat yang didapatkan harus disyukuri sehingga dapat ditambah lagi nikmat oleh Yang maha Kuasa.

“Jika kita selalu bersyukur maka nikmat akan terus Allah SWT tambahkan tapi jika kita kufur atau tidak mau bersyukur maka sesungguhnya azabnya allah sangatlah pedih,” Isdianto mengingatkan.

Isdianto berharap kegiatan Haul Syekh Syahbuddin Albanjari menjadi jalan syiar untuk penyebaran ajaran agama islam yang Rahmatan Lil Alamin baik bagi Indonesia khususnya untuk Kepulauan Riau.

“Syiar keagamaan harus terus kita gemakan di seluruh penjuru Negeri sehingga menambah sejuk dan damai di Indonesia khsusnya di kepri,” harapnya.

Selain itu Isdianto yakin bahwa dengan diselenggarakan kegiatan ini akan semakin memperat hubungan silaturahmi antar sesama suadara muslim, dan tentunya Kepulauan Riau akan semakin dikenal bukan hanya di Indonesia bahkan hingga ke wilayah Asia bahkan wilayah eropa dan lainnya.

“Dengan mengadakan haul di Pulau Penyengat nanti, tentunya menambah khazanah dan membuat orang semakin kenal dan tahu akan pulau penyengat yang merupakan pulau bersejarah karena merupakan tempat lahir dan wafatnya para raja-raja dahulu,” yakin Isdianto.

Sementara itu Guru Ahmad selaku Ketua Yayasan Syeh Muhammad Arsyad Al-Banjiri mewakili rombongan dalam sambutannyamengatakan terimakasihnya atas sambutan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Dirinya pada kesempatan ini juga menceritakan sedikit perjalanan Dakwah dari Syeh Syahbuddin Albanjari beserta anak-anaknya yang merupakan para ulama dalam menyebarkan islam hingga ke seluruh Negeri.

“Syeh Syahbuddin Albanjari punya perjalanan panjang dalam menyebarkan islam di seantero negeri,” tarangnya.

Anak cucu Syekh pun turut menyebarkan Islam, bahkan sampai ke Penyengat. Untuk diketahui, yang kita kenal Mufti Indra Giri adalah salah satu buyut dari Syekh Syahbuddin Albanjari.(mat)

Loading...