Datang dan Rindukan Pantai Piwang di Natuna

Loading...

NATUNA (suarasiber) – Pantai Kencana di Kota Ranai, Natuna diubah namanya menjadi Pantai Piwang. Piwang sendiri bagi warga setempat memiliki arti rindu.

Sebelumnya, perubahan nama pantai ini mengundang polemik masyarakat. Bahkan sejumlah tokoh memberikan pandangannya. Pantai Piwang merupakan nama ketiga, setelah sebelumnya bernama Pantai Stres dan Pantai Kencana.

Pemkab Natuna sendiri tengah membangun lokasi wisata ini dengan sejumlah faslilitas. Ada taman terbuka hijau yang bisa dijadikan taman kota bagi masyarakat. Namun keindahan utamanya tetap pantai.

pantai piwang 2
Foto – isnatagram.com/natuna.phonephotograph

Soal perubahan nama, salah satunya disampaikan Plt Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Natuna, Hendra Kasuma dalam Dialog Interaktif akhir November lalu.

Menurut dia, nama Pantai Piwang datang dari seorang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan taman terbuka hijau di lokasi tersebut. Nama sebelumnya, yakni Pantai Stres dan Pantai Kencana belum memiliki dasar hukum.

Di antara mereka yang memberikan pandangannya ialah mantan Bupati Natuna, Daeng Rusnadi dan tokoh masyarakat, Wan Ariansyah. Sementara Kadis Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan polemik nama pantai karena teknologi informasi yang canggih.

pantai piwang 3
Foto – instagram.com/fkhatobi

Pendangan lain datang dari Kabid Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Marhafiz Lithfi, yang mengatakan objek wisata harus mengundang keingintahuan, diantaranya dengan nama.

“Terkait dengan nama Piwang ini sudah memiliki nilai jual tersendiri, terlepas dari siapa yang memberikan nama serta melalui prosedur penetapan sebuah nama tersebut,” ujarnya, dilansir dari natunakab.go.id.

Pro dan kontra soal nama Pantai Piwang pun dibawa ke rapat di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Kabupaten Natuna, 4 Desember lalu.

pantai piwang 4
Foto – instagram.com/dewa_laut27

Sejumlah pejabat dan stakeholder serta tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda hadir. Di sini ditawarkan sejumlah nama yaitu terjadi perdebatan dengan argumen masing-masing.

Namun pada akhirnya disepakati nama Pantai Piwang. “Alhamdullilah, disetujui namanya menjadi Pantai Piwang,” kata Hendra Kusuma.

Beberapa warga yang dimintai pendapat mengaku nama Pantai Piwang unik, mudah teringat di kepala.

“Piwang kan arrtinya rindu, semoga wisatawan yang berkunjung akan terus merindukannya dan suatu saat kembali lagi,” tutur seorang warga.

Nah, kapan kalian ke Pantai Piwang? (man)

Loading...