free page hit counter

Ansar: Pemerintah Bedah 1.500 Rumah di Kepri Tahun 2020

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepulauan Riau H Ansar Ahmad SE MM, mengatakan pemerintah pusat akan melaksanakan program bedah rumah di Provinsi Kepri. Jumlahnya sebanyak 1.500 unit rumah.

Kegiatan bedah rumah ini akan dilaksanakan tahun 2020 melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Demikian dikatakan Ansar Ahmad, kepada wartawan seusai menghadiri pemasangan pelang nama bantuan bedah rumah di Desa Teluk Sasah, Kecamatan, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Selasa (24/12/2019).

Menurut mantan Bupati Bintan dua periode ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya melakukan perbaikan. Dan, peningkatan kualitas rumah tidak layak huni (RTLH) di seluruh Indonesia.

Salah satunya melalui penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah. Yang kini menjadi salah satu primadona bagi pemerintah daerah (Pemda). Untuk meningkatkan kualitas RTLH masyarakat di daerah.

“Program BSPS atau bedah rumah ini nampaknya jadi primadona. Karena banyak pemerintah daerah yang ingin program ini dilaksanakan di daerahnya.

Target perbaikan RTLH yang dilakukan oleh Kementerian PUPR kurang lebih 200 ribu unit tiap tahun.

Untuk Kepri sendiri direncanakan sebanyak 1.500 unit rumah yang mendapat bantuan program BSPS,” ungkap Ansar.

Ansar menyampaikan, jumlah RTLH di Indonesia berdasarkan data yang dimiliki Kementerian PUPR yakni sekitar 3,4 juta unit.

Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk penanganan RTLH selama lima tahun mulai 2015-2019 adalah 1,5 juta unit.

Pada 2020, kata Ansar, Kementerian PUPR akan mengalokasikan dana Rp4,35 triliun. u
Untuk melakukan Program BSPS atau bedah rumah 181.365 unit di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan program BSPS terdiri dari dua jenis yakni peningkatan kualitas rumah dan pembangunan rumah baru.

“Program ini merupakan program yang sangat bagus. Kita minta pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota memberikan dukungan penuh.

Agar persoalan RTLH di Kepri segera teratasi. Pemerintah pusat yang lagi semangat semangatnya membangun harus disambut dengan antusias,” jelasnya.

Pelaksanaan bedah rumah di Desa Teluk Sasah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2019 selesai dengan baik.

Sebanyak 70 unit rumah yang kurang layak huni mendapat bantuan Rp17,5 juta dari Pemprov Kepri. Ansar Ahmad menyambut baik kegiatan tersebut.

“Baik pusat maupun Pemprov Kepri sangat peduli terhadap program bedah rumah ini. Kita optimis target bedah rumah di Kepri ini bisa selesai dengan baik. Kalau semua punya semangat yang sama dalam meksukseskan program BSPS,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut ikut hadir Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri, Dra Hj. Dewi Kumalasari MPd. Sejumlah pejabat di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan, Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Kepri, Camat Seri Kuala Lobam serta sejumlah tokoh masyarakat.

Loading...