Ketua RT dan RW di Natuna Minta Kenaikan Insentif

Loading...

NATUNA (suarasiber) – Plt. Gubernur H. Isdianto bersilaturahmi dengan seluruh ketua RT, ketua RW dan jajaran tokoh masyarakat se-Kabupaten Natuna di Gedung serbaguna Sri Serindit, Kabupaten Natuna, Senin (23/12/2019) malam. Banyak dibahas soal penguatan peran mereka di masyarakat.

Hal ini dipandang perlu oleh Isdianto, karena selain membantu kerjaan administrasi kependudukan, RT dan RW juga ikut berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas.

Hadir Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti pada kesempatan ini. Plt Gubernur berkesempatan menyerahkan sejumlah bantuan yang diberikan secara simbolis kepda masyarakat lansia dan kurang mampu di Natuna. Bantuaan tersebut berupa sembako, mesin jahit portable dan alat pemanggang yang menggunakan bahan bakar gas.

Dalam kesempatan ini Isdianto mengatakan bahwa sistem pemerintahan bisa berjalan karena adanya peran besar RT dan RW. Mengingat RT dan RW lah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya selalu katakan bahwa kesuksesan lurah, camat, bupati dan bahka gubernur itu karena peran RT dan RW. Melalui RT dan RW kita bisa menselaraskan program pemerintah hinggga ke lapisan terbawah. Dan inilah gunanya pertemuan malam ini. Selain bersilaturahmi, kita ingin program pokok pemerintah bisa sampai ke lapisan terbawah,” kata Isdianto.

Lebih lanjut, menurut adik mendiang H. Muhammad Sani ini penghargaan Indonesia Bersatu yang baru diterima oleh Kepulauan Riau juga tidak terlepas dari adanya peran RT dan RW.

“Insya Allah di 2021 nanti kegiatan rehab rumah akan kita adakan lagi. Berita baiknya, untuk insentif RT dan RW juga akan kita pikirkan. Setidaknya ada tambahanlah untuk bapak dan ibu. Tapi kita tetap lihat aturannya, mungkin atau tidak,” ujarnya.

Selama dua hari kunjungannya di Natuna, Isdianto menyampaikan semua programnya dalam pertemuan ini. Termasuk menyangkut bukti perhatian Pemprov Kepri terhadap masyarakat Natuna dengan adanya pembangunan infrastruktur disejumlah kecamatan.

“Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini saya tidak mau ada lagi masyarakat yang berfikir, kenapa gubernur kurang perhatian dglengan Natuna dan sebagainya. Hari ini saya datang kesini dan banyak rangkaian kegiatan yang kita lakukan. Ini bukti perhatian kita kepada masyarakat Natuna. Dan kita akan tingkatkan terus, insya Allah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti mengatakan selain bertugas dalam hal administrasi, RT dan RW juga berperan menjaga keamanan dan kenyamanan.

“Keamanan kenyamanan dan pelayanan penduduk adalah tanggungjawab kita semua, termasuk tugas RT RW. Dan tugas RT dan RW ini cukup berat. Namun semoga hal ini jadi bagian ladang amal bapak dan ibu sekalian,” katamya.

Di pengujung pertemuan ini, dilanjutkan dengan sesi dialog. Yang mana dialog ini cenderung digunakan untuk ladang curhat bagi para RT dan RW.

Pada intinya RT dan RW meminta agar insentif RT dan RW dinaikkan. Disamping itu juga ada curhat masalah sosial yang terjadi disekitar masyarakat. (mat)

Loading...