free page hit counter

Viral, Rekaman Paru-paru Hitam Perokok Aktif 30 Tahun

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah video pendek operasi bedah di Rumah Sakit Rakyat Wuxi di Jiangsu, China, telah membuat heboh, dan viral.

Pasalnya, video yang sudah ditonton sekitar 25 juta kali itu, menampilkan paru-paru yang hitam dari perokok yang aktif merokok selama 30 tahun.

Paru-paru itu milik seorang pasien pria berusia 52 tahun, yang ingin menyumbangkan organnya. Akan tetapi, setelah mengoperasi pasien itu, dokter sadar, organnya tidak bisa disumbangkan. Sebagaimana dirilis Daily Mail, Selasa (19/11/2019).

Paru-paru yang seharusnya berwarna merah muda, menjadi hitam pekat. Akibat, kebiasaan merokok yang berlangsung puluhan tahun.

Sebelum meninggal, dan berniat menyumbangkan organnya, pria itu diketahui beberapa kali menderita sakit di dadanya.

Dr Chen, ahli bedah transplantasi paru-paru yang memimpin operasi, mengatakan, “Pasien tidak menjalani CT scan sebelum kematiannya. Dia dinyatakan mati otak, dan paru-parunya disumbangkan segera setelah itu.”

Tes indeks oksigenasi awal baik-baik saja, ujar dr Chen, tetapi ketika dokter mengambil organ, mereka menyadari bahwa paru-paru itu tidak akan dapat digunakan. (mat)

Loading...